Photoshop memang menjadi software yang diminati oleh banyak orang. Dirilis tahun 1990, software yang satu ini memang punya banyak keunggulan yang sangat membantu bagi para penggunanya.

Photoshop berkembang menjadi software editing foto dan gambar andalan di industri desain dan media. Penggunaannya pun tak lagi terbatas di desktop. Kini, Photoshop hadir di perangkat mobile juga. Bahkan, ada versi cloud yang bisa kamu akses di mana pun dan kapan pun.

Mungkin kamu juga ingin belajar photoshop untuk berbagai alasan yang mengharuskan kamu mempelajari software yang satu ini. sebenarnya untuk belajar photoshop kamu dapat melakukannya sendiri dirumah dengan membaca berbagai artikel yang ada atau menonton video di platform seperti youtube kamu dapat menemukan berbagai informasi yang dapat membantu mu untuk belajar photoshop.

Atau kamu dapat mengikuti berbagai kelas design yang ada di Kota- mu. DhuoCreative juga menyediakan Kelas Design bagi para pemula yang ingin mempelajari Photoshop, atau berbagai software yang sering digunakan di industri desain. Kamu dapat mengikuti kelas ini untuk mengembangkan skill Design kamu, caranya kamu bisa langsung melakukan registrasi melalui Website resmi kami di https://web.dhuocreative.com/semua-kelas/ . Selain kelas desain DhuoCreative juga menyediakan berbagai kelas yang berhubung dengan IT dan Komputer.

Bagi kamu yang mungkin memang ingin belajar secara otodidak, atau ingin belajar melalui internet. Mungkin beberapa tips dibawah ini dapat membantumu.

1. Adjustment Layers

Tool yang satu ini memungkinkan kamu untuk mengedit tampilan foto atau gambar tanpa mengubah piksel-pikselnya secara permanen. Saat menggunakan alat ini, sebuah lapisan baru akan muncul di atas foto atau gambar yang hendak kamu edit. 

Lalu, panel Properties dengan tipe pengaturan yang kamu inginkan akan muncul. Dari panel ini, kamu dapat memodifikasi adjustment layer tadi, yang kemudian turut mengubah tampilan foto dan gambar yang kamu edit.

Beberapa pengaturan yang bisa kamu lakukan dengan alat ini di antaranya, Levels, Curves, Exposures, Brightness/Contrast, Hue/Saturation, Color Balance, Vibrance, Black & White, hingga menambahkan filter foto.

Yang menarik dari alat ini adalah kamu tidak perlu repot jika ingin mengembalikan tampilan foto atau gambar ke kondisi semula. Yang perlu kamu lakukan hanya menghapus adjustment layer tadi.

2. Crop

Terkadang kamu harus memotong foto hasil jepretanmu untuk mendapatkan tampilan terbaik, baik dari segi framing maupun rasio. Hal ini perlu kamu perhatikan, terutama jika foto tersebut ingin kamu bagikan di media sosial, blog, atau medium lainnya.

Untuk memotong gambar di Photoshop, kamu bisa menggunakan Crop Tool yang tersedia di panel tools. Lalu, gambar area cropping baru atau geser sudut dan tepi area cropping untuk menentukan batas pemangkasan foto.

Kamu bisa menentukan rasio dan ukuran area cropping dengan memasukkan nilai yang sesuai pada control bar. Selain untuk memangkas foto, Crop Tool juga bisa kamu gunakan untuk meluruskan foto.

3. Dodge and Burn

Dua alat ini membantu membuat area foto atau gambar menjadi lebih terang atau lebih gelap. Kamu dapat menggunakan Dodge untuk menerangi area dan Burn untuk meningkatkan eksposur pada area yang gelap.

Keunggulan menggunakan dua alat ini adalah kamu bisa memperbaiki eksposur foto dengan mudah tanpa merusak hasil foto aslinya. Tidak ada lagi bagian yang kurang pencahayaan (under exposed) maupun yang mendapat pencahayaan berlebih (over exposed).

Belajar Photoshop memang bukanlah hal yang mudah dan mungkin kamu butuh banyak bantuan dari seseorang yang memang sudah ahli dibidangnya, karna itulah mengikuti kelas secara formal akan sangat membantu.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?