Clickbait biasa dipakai untuk membuat judul artikel atau berita pada media online menjadi bombastis, sehingga membuat pembaca penasaran dan dapat menarik pembaca mengklik tautan tersebut. 

Pengertian Clickbait

Clickbait adalah penggunaan judul dan headline pada sebuah konten agar terlihat menarik, keren, dan tentunya membuat seseorang penasaran untuk melihat bahkan membagikannya. Penggunaan click bait merupakan hal yang wajar dan sah jika tidak berlebihan. Namun, jika terlalu berlebihan hingga menimbulkan dampak negatif, maka tidak diperbolehkan.

Tipe Clickbait 

1. Tipe Ambigu

Tipe ambigu adalah judul artikel yang tidak jelas, samar, atau membingungkan dengan tujuan memicu rasa penasaran.

2. Tipe Bait And Switch

Bait and switch adalah hal yang dituliskan atau tersiratkan dalam judul tidak dapat kamu temukan pada isi halamannya. Atau saat seseorang mengklik judul artikel tipe ini, orang tersebut akan diarahkan ke halaman url tambahan lainnya.

3. Tipe Teasing

Teasing adalah judul yang menggoda, atau mengolok-olok, atau bisa jadi mencoba memprovokasi seseorang dengan cara menghapus sebagian rincian dari judul untuk membangun ketegangan.

4. Tipe Exaggeration

Tipe exaggeration adalah judul yang dibuat berlebihan, ekstrim, serta melebihi dari informasi atau isi halaman yang sesungguhnya.

5. Tipe Penghasut atau Inflammatory

Tipe umpan balik yang bermaksud untuk membangkitkan rasa marah dan penuh kekerasan dengan menggunakan ungkapan atau kata-kata yang vulgar atau tidak tepat disebut Inflammatory.

6. Tipe Formatting

Clickbait formatting adalah judul artikel yang terlalu sering menggunakan huruf kapital atau tanda baca terutama tanda seru. Tanda seru juga berfungsi untuk ungkapan atau pernyataan yang berupa perintah atau seruan, menggambarkan kesanggupan, rasa emosi yang kuat atau bisa juga ketidakpercayaan.

7. Tipe Graphic

Tipe clickbait satu ini sedikit menimbulkan rasa jijik karena biasanya judul mengandung materi yang tidak senonoh atau cabul, mengganggu, dan tidak dapat dipercaya.

8. Tipe Wrong

Wrong pada umpan balik merupakan judul artikel yang sesuai artinya, adalah salah. Bisa disebut juga dengan fakta yang tidak benar. Namun jika pembaca mengklik tautan tersebut, mereka akan menemukan bahwa sebenarnya isi halaman artikel tersebut adalah menjelaskan atau mengklarifikasikan ketidakbenaran fakta yang ada pada judul.

Dari artikel diatas tentunya kamu sudah memahami apa itu pengertian dan tipe dari clickbait, Semoga membantu.

Dhuo Creative menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?