Pengertian coreldraw

 Corel Draw adalah sebuah program komputer editor grafik vektor yang berfungsi untuk mengolah gambar dan banyak digunakan pada bidang publikasi, percetakan, dan bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

Corel Draw (ditulis:CorelDraw) merupakan software yang dikembangkan oleh Corel Corporation, perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Ottawa, Kanada.

Fungsi corel draw

 Membuat Gambar Vektor

Vektor adalah jenis gambar yang mana kalau diperbesar ukurannya (zoom), maka hasilnya tidak akan pecah.

Pembuatan Ilustrasi

Saat ini, kebutuhan ilustrasi cukup tinggi untuk berbagai keperluan, seperti advertising misalnya.

Dengan Corel Draw, pembuatan ilustrasi sangat mungkin dilakukan, dan hasilnya pun terkenal berkualitas tinggi.

Pembuatan Logo

Banyak sekali perusahaan yang memakai Corel Draw untuk mendesain logo merk mereka. Terutama jika yang menggunakan tipe logo dua dimensi.

Pembuatan Brosur, Undangan, dan Sejenis

Lewat Corel Draw, desain seperti undangan, brosur, dan sebagainya, bisa dibuat beragam, karena font serta ilustrasi yang bisa dibuat sangat bermacam-macam pula.

 Pembuatan Cover Buku

Perusahaan penerbit juga biasanya memakai Corel Draw untuk mendesain cover buku yang akan mereka terbitkan.

 Membuat Kartun

Kamu bisa berkreasi dengan garis dan lengkungan untuk menciptakan tokoh imajinatif seperti dalam dunia perkartunan. Kamu bisa membuat gambar kartun yang dirangkai dengan plot cerita, sehingga nanti menjadi sebuah komik yang dapat dinikmati para pembaca.

Kelebihan dan kekurangan corel draw

Kelebihan CorelDraw

1. Lebih User Friendly

Untuk pengguna awam, tampilan CorelDraw lebih bersahabat dibandingkan AI. Tampilan Coreldraw sederhana dan pengguna mungkin lebih terbiasa karena tata letak dan warna latarnya mirip seperti ms word. Sedangkan Fitur-fitur AI lebih kompleks dan tersembunyi.

2. Formart Import dan Export Cukup Lengkap

Coreldraw mempunyai banyak format save data baik untuk keperluan import maupun export data. Bahkan coreldraw menyediakan format AI, artinya data yang dibuat di coreldraw bisa juga dibuka di Adobe Illustrator yang notabene adalah rivalnya. Ini tidak berlaku sebaliknya.

3. Resolusi Tinggi

CorelDraw menyediakan resolusi atau kapasitas gambar yang besar, ukurannya mulai dari inchi, milimeter, centimeter sampai kilometer. Jadi software ini cocok digunakan pada industri yang kadang harus mencetak gambar dalam skala gambar besar.

4. Ramah di Percetakan

Bagaimanapun Corel lebih populer dibandingkan produk keluaran kompetitornya. Ketika akan mencetak/print gambar ke percetakan, software yang terinstal dalam komputer mereka adalah Corel.

Ini masalah ketika anda membawa file dengan format bawaan Adobe (misalnya) ke percetakan. Mereka tentu saja akan menolak dan mau tidak mau kita harus menyesuaikan dengan software yang ada di kompuer mereka.

Kekurangan

1. Ukuran file besar

Apikasi ini menuntut penggunaan PC yang memiliki spesifikasi mumpuni dan dalam sektor RAM yang tinggi karena ukuran file mentah yang dihasilkan bisa cukup besar. Apalagi jika desainnya terbilang kompleks.

2. Sulit untuk membuat tabel

Karena berbasis vektor, membuat tabel di Corel Draw agak sedikit sulit karena membutuhkan beberapa klik untuk mendapatkan hasil tabel sesuai dengan yang diinginkan.

3. Color Space harus dikoreksi sebelum penggunaan secara profesional

Permasalahan terbesar yang dihadapi oleh desainer grafis ketika menggunakan Corel Draw adalah akurasi warna dari palet yang disediakan. Tak jarang, warna yang digunakan tidak sesuai dengan hasil cetakan.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?