PENGERTIAN FIBER OPTIK

Teknologi fiber optik merupakan sebuah kabel yang biasanya juga disebut dengan serat optik. Jadi, kabel fiber optik adalah kabel jaringan yang berisi untaian serat kaca dalam sebuah selubung yang terisolasi. Teknologi ini dibuat dan dirancang untuk jaringan data jarak jauh. Kebutuhan telekomunikasi manusia juga semakin beragam. Saat ini semua orang membutuhkan jaringan internet untuk memudahkan mereka dalam hal akses data. Berkaitan dengan hal tersebut, penemuan teknologi fiber optik ini tentunya sangat memudahkan manusia. Saat ini perusahaan-perusahaan telekomunikasi di Indonesia sudah beralih ke teknologi fiber optik. Dipilihnya kabel fiber optik sendiri bukan tanpa alasan. Kabel ini memiliki bandwith internet yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kabel yang lain. Selain itu, kabel ini bisa mengirimkan data ke jarak yang lebih jauh. Sehingga tidak ada batasan lagi untuk mengirim data ke tempat atau lokasi paling jauh sekalipun.

Kelebihan  Menggunakan Teknologi Ini :

  • Ukuran Kecil, Ringan, dan Fleksibel
  • Bahan Tidak Bisa Berkarat
  • Tidak Menggunakan Elemen Api atau Listrik
  • Dibandingkan dengan Tranmisi Tembaga, Fiber Optik Memiliki Penggunaan Data yang Jauh Lebih Hemat
  • Tidak Terganggu dengan Gelombang Elektrik

FUNGSI DARI FIBER OPTIK

Sebagai Penghemat Budget atau Anggaran

Menggunakan kabel fiber optik berarti Anda telah bisa menghemat anggaran pengeluaran Anda. Apalagi dengan sederet kelebihan yang dimiliki menggunakan kabel fiber optik sangat amat membantu Anda dalam menghemat anggaran budget. Perusahaan-perusahaan telekomunikasi tentunya tidak akan mau mengambil resiko dengan pengeluaran yang sangat tinggi. Perusahaan pasti akan mencari pengeluaran paling terendah. Dengan menggunakan kabel fiber opti, maka perusahaan akan dapat melakukan penghematan. Penggunaan kabel fiber optik juga memudahkan kita untuk bisa menggunakan budget yang lebih sedikit dan menggunakan budget untuk pengeluaran lainnya.

Penghubung antara Saluran Internet, TV, Telepon pada Satu Jalur

Memiliki serat yang tipis membuat kabel fiber optik bisa digunakan dengan mudah untuk menghubungkan beberapa jaringan telekomunikasi pada satu jalur. Penggunaan kabel tembaga tidak akan semudah menggunakan kabel fiber optik. Apabila digunakan kabel fiber optik bisa menghubungkan saluran-saluran telekomunikasi pada satu jalur saja. Sehingga hal ini tentunya akan sangat memudahkan perusahaan dalam menyalurkan saluran seperti antara TV, telepon, dan juga internet.

Memutus Akses Kehilangan Sinyal

Kehilangan sinyal tentunya adalah hal yang paling tidak menyenangkan bagi kita sebagai masyarakat yang hidup dengan perkembangan teknologi yang saat ini sudah sulit untuk dikendalikan. Sinyal yang lancar seakan menjadi kebutuhan primer bagi semua orang dari berbagai golongan di muka bumi ini. Menggunakan kabel fiber optik akan memutus akses Anda untuk kehilangan sinyal.

Pengganti Pemancar Listrik Tegangan Tinggi

Kabel tembaga membutuhkan pemancar listrik tegangan tinggi. Sedangkan dalam menggunakan kabel fiber optik tidak demikian. Kabel fiber optik memiliki daya rendah. Hal ini karena kabel fiber optik menggunakan serat optik yang tipis dan membutuhkan daya rendah.

Membawa Informasi Digital

Kabel fiber optik dapat membantu membawa informasi digital. Jaringan komputer sangat terbantu dengan hal ini. Karena terbuat dari serat optik, maka kabel fiber optik dapat digunakan untuk membawa informasi digital. Hal ini sangat membantu bagi para pengguna kabel fiber optik. Informasi digital sangat dibutuhkan pada suatu jaringan komputer. Jaringan komputer dan pemakaian kabel fiber optik adalah salah satu hal yang sangat membantu sekali pada dunia telekomunikasi.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?