Untuk bisa mengakses internet kamu perlu koneksi ke jaringan. Makanya kamu perlu mendapatkan layanan dari ISP atau Internet Service Provider. Apakah kamu mengerti apa itu ISP?

Pengertian ISP

ISP adalah singkatan dari Internet Service Provider. Secara umum, ISP adalah produsen atau lembaga yang memberikan pelayanan kepada konsumen supaya bisa mengakses internet dan berbagai media online.

Jaringan yang ditawarkan oleh ISP memang luas dan artinya baik itu penggunak internasional maupun lokal bisa terhubung secara global.

Fungsi Internet Service Provider

fungsi ISP secara detail, adalah berikut ini.

  • Menjadi media yang membantu pengguna internet dalam melakukan aktivitas upload dan download dari internet
  • Menyediakan layanan jasa koneksi internet kepada masyarakat luas
  • Menyediakan tempat untuk homepage
  • Menghubungkan pengguna jasa internet kepada gateway internet terdekat
  • Menghubungkan pengguna internet kepada layanan informasi yang tersedia di World Wide Web atau WWW
  • Menyediakan berbagai perangkat modem untuk bisa terhubung dengan jaringan internet

Cara Kerja ISP

Cara kerja ISP yaitu hanya menunggu pengguna jasa internet untuk memberi permintaan akses. Barulah setelah itu pihak ISP akan merouting jaringan kepada perangkat yang digunakanoleh pengguna jasa, bisa saja perangkat tersebut adalah handphone, modem, dan berbagai perangkat yang bisa digunakan untuk mengakases internet lainnya.

Apabila sudah, maka pengguna jasa bisa menikmati akses internet dari perangkat yang dimiliki. Ada juga yang bisa memilih jaringan yang akan diinginkan dan dibutuhkan.

Contoh ISP di Indonesia

Berikut ini adalah daftar Internet Service Provider di Indonesia.

1. Indihome

Indihome merupakan salah satu provider yang populer di masyarakat, dan penyedianya adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara yaitu PT Telkom Indonesia. Dengan koneksi yang cepat dan stabil, indihome terkenal populer.

2. Access Servise Dedicated to Internet

ISP ini lebih dikenal dengan singkatannya yaitu Astinet, dan penggunaannya memang skala besar.

3. IM2

ISP yang satu ini berasal dari PT Indosat, dan jasa layanan yang ditawarkan adalah hosting dan domain.

4. Centrin

Produk ini disediakan oleh PT Centrin Online. Layanannya adalah akses internet cepat dan stabil dengan infrastruktur canggih.

5. Provider Celuler

provider seluler lebih banyak digunakan oleh masyarakat karena dinilai lebih praktis. Biasanya layanannya bukan unlimited, tetapi menggunakan kuota internet. Tentu ada banyak provider yang menawarkan layanan ini, Anda tinggal pilih saja.

Dhuo Creative menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?