Pengertian jpg

Jpg adalah format gambar yang banyak digunakan untuk menyimpan gambar-gambar dengan ukuran lebih kecil, dan mampu menampilkan warna sampai 24 byte, namun format jpg ini menggunakan kompresi data yg jelek

Fungsi jpg

Sebagai standar file gambar untuk halaman web

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwaformat gambar standar yang digunakan untuk halaman web adalah JPEG dan GIF. Format gambar tersebut pada dasarnya memang sangat pas untuk gambar-gambar yang melibatkan beberapa representasi gambar yang memiliki kualitas fotografi.

 Dapat digunakan oleh semua program komputer

Salah satu keunngulan yang paling dirasakan dengan menggunakan format JPEG adalah dapat digunakan pada semua sistem operasi. Baik itu Sistem Operasi Windows maupun Sistem Operasi Macintosh, dapat membuka format gambar JPEG dengan baik. Selain itu, forat gambar ini juga dapat dibuka pada beberapa apliaksi lainnya seperti Microsoft Word, Excel, Power Point, dan jenis aplikasi lainnya

Mendukung warna yang lebih banyak

Hal ini juga menjadi alasan format JPEG banyak digunakan oleh banyak orang sebagai standar gambar. JPEG dapat mendukung warna hingga 16 juta warna. Maka dari itu, kita tetap dapat melihat penampilan gambar fotografi yang tetap terlihat seperti aslinya meskipun kualitas gambar itu sendiri sedikit dikurangi.

Sangat mendukung dunia fotografi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa dengan dukungan warna serta resolusi yang diberikan, membuat format JPEG ini menjadi standar untuk dunia fotografi. Hal ini memang sejalan dengan dunia fotografi yang sangat mementingkan detil setiap gambar sesuai dengan aslinya. Bahkan kamera digital yang digunakan saat ini pun juga mendukung file JPEG untuk standar foto.

Cara kerja jpg

JPEG) merupakan skema kompresi filebitmap. Awalnya, file yang menyimpan hasil fotodigital memiliki ukuran yang besar sehingga tidak praktis. Dengan format baru ini, hasil foto yang semula berukuran besar berhasil dikompresi (dimampatkan) sehingga ukurannya kecil.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?