Pengertian looping

Looping adalah Suatu intruksi untuk membentuk aksi kerja secara berulang pada blok yang sama, dimana didalam blok yang akan diulang ada terdapat statement atau pernyataan.
Didalam looping, ada 3 bagian yang mutlak harus ada agar terjadi perulangan yang diinginkan yang berlaku pada 3 perulangan yang sering digunakan yaitu For, Do While, While yaitu ;

  • Inisialisasi : adalah untuk menyatakan keadaan awal dari variable control pada perulangan . 
  • Kondisi (Ekspresi Perbandingan) : adalah merupakan ekspresi yang berguna untuk mengakhiri perulangan.
  • Iterasi : adalah bagian untuk mengatur/perubahan nilai dari variable control, iteriasi bisa berupa increment ( nilai dari inisialisai bertambah/menaik) atau Decrement (nilai dari inisialisasi berkurang/menurun)

Fungsi looping

Looping adalah suatu fungsi pengulangan dalam sebuah script program C++.Gunanya adalah untuk mempermudah melakukan suatu proses yang berulang-ulang, seperti membuat angka dari 1 – 10. Jika memakai script biasa kita akan memakan banyak memori, tetapi dengan looping kita dapat melakukannya dengan memori yang sedikit dan waktu yang singkat.Adapun macam-macam looping yang umumnya digunakan :         

  1. For

Gunanya untuk mengulang satu pernyataan sebanyak yang kita mau.Script for(int i=0;i<=9;i++) { statement}Pengulangan akan dilakukan dari 0-9, berarti ada 10x pengulangan.Arti variable i=0 adalah nilai awal dari i adalah 0.Arti i<=9 adalah maksimal pengulangan yang dilakukan adalah sampai 9.Arti i++ adalah menambahkan nilai setiap pengulangan yang sudah di eksekusi, contoh nya jika kita sudah memasukkan nilai di i [0] , maka akan langsung lanjut ke i [1] dan seterusnya hingga i [9].2               2.  WhileHampir sama dengan For, namun dalam while sistemnya hampir sama juga dengan If. Berikut contoh scriptnya :Int i=1;While(i<=4){Cout<<;I++;}Sebelum penggunaan while, nilai integer harus di deklarasikan terlebih dahulu (int i=1).Penggunaannya hampir sama dengan if, tetapi di akhir statement harus ada tanda variable++ (i++) untuk menyatakan pengulangan hingga 4×3               3.   Do WhileMerupakan statement pengulangan yang biasa digunakan untuk membuat menu dalam program. Secara umum proses do while sama dengan for ataupun while. Berikut contohnya :do{  Clrscr();Cout<<”1. Jual“;Cout<<”2. Beli “;int i;Cin>>i;
}while(i!=3);

Macam macam looping

Looping yang ada didalam dunia permograman, dunia jaringan, dan lain sebagainya bermacam-macam, antara lain looping yang dimaksud yaitu :

  • Loop/Looping For (Perulangan For)
  • Loop/Looping Do While (Perulangan Do While)
  • Loop/Looping While (Perulangan While) 
  • Loop/Looping Foreach (Perulangan Foreach)
  • Loop/Looping Repeat Until (Perulangan Repeat Until)
  • Dan mungkin ada yang lainnya
X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?