Pengertian power supply

Power supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung ke komponen dalam yang membutuhkan tegangan. contohnya motherboard, hardisk, kipas dan lain sebagainya.

Cara kerja power supply

Cara kerja power supply nantinya akan mengalirkan arus listrik untuk komponen-komponen atau hardware pada komputer dengan arus Dc menjadi arus searah. Berbentuk kotak dengan kabel yang menjulur keluar. Pada ujung kabelnya terdapat konektor. Power supply membutuhkan sumber listrik yang kemudian di ubah menjadi energi yang menggerakan perangkat elektronik.

Komponen yang terdapat pada power supply yakni resistor dan kapasitor. Resistor atau di sebut juga dengan hambatan adalah komponen elektonika pasif yang berfungsi untuk menghambat dan mengatur arus listrik. Satuan nilai hambatannya adalah “Ohm”. selanjutnya kapasitor biasa di sebut kondensator adalah komponen elektronika pasif yang dapat menyimpan energi listrik dalam sementara waktu. Fungsi kapasitor adalah dapat memilih gelombang tuner dan sebagai perata arus pada filter di dalam rangkaian power supply. Satuan nilai untuk kapasitor adalah farad(F).

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?