Sintaks dan Semantik adalah istilah yang sangat signifikan yang berkaitan dengan bahasa pemrograman apa pun. Sintaksis dalam bahasa pemrograman melibatkan sekumpulan frasa yang diizinkan dari suatu bahasa, sedangkan semantik mengekspresikan makna yang terkait dari frasa tersebut.

Definisi Sintaks

Sintaks bahasa pemrograman digunakan untuk menandakan struktur program tanpa mempertimbangkan artinya. Ini pada dasarnya menekankan struktur, tata letak program dengan penampilannya. Ini melibatkan kumpulan aturan yang memvalidasi urutan simbol dan instruksi yang digunakan dalam suatu program. Model pragmatik dan komputasi menggambarkan komponen sintaksis dari bahasa pemrograman. Alat berkembang untuk spesifikasi sintaksis dari bahasa pemrograman yang teratur, bebas konteks dan tata bahasa atribut.

Sintaks bahasa pemrograman dapat diartikan menggunakan teknik formal dan informal berikut :

  • Sintaks leksikal untuk mendefinisikan aturan simbol dasar yang melibatkan pengidentifikasi, literal, punctuator, dan operator.
  • Sintaksis konkret menentukan representasi nyata dari program dengan bantuan simbol leksikal seperti alfabetnya.
  • Sintaks abstrak hanya menyampaikan informasi program yang vital.

Definisi Semantik

Istilah semantik dalam bahasa pemrograman digunakan untuk mengetahui hubungan antara sintaks dan model komputasi. Ini menekankan interpretasi suatu program sehingga programmer dapat memahaminya dengan cara yang mudah atau memprediksi hasil pelaksanaan program. Pendekatan yang dikenal sebagai semantik diarahkan sintaksis digunakan untuk memetakan konstruksi sintaksis ke model komputasi dengan bantuan fungsi.

Semantik bahasa pemrograman dapat dijelaskan dengan berbagai teknik sebagai berikut :

  • Semantik aljabar menafsirkan program dengan mendefinisikan aljabar.
  • Semantik aksiomatik menentukan makna suatu program dengan membangun pernyataan tentang suatu asosiasi yang menahan pada setiap titik dalam pelaksanaan program (yaitu secara implisit).
  • Semantik operasional membandingkan bahasa dengan mesin abstrak, dan program kemudian dievaluasi sebagai urutan transisi negara.
  • Semantik denotasional mengekspresikan makna program dalam bentuk seperangkat fungsi yang beroperasi pada status program.
  • Semantik terjemahan berfokus pada metode yang digunakan untuk menerjemahkan suatu program ke bahasa lain.

Perbedaan Kunci Antara Sintaks dan Semantik

  1. Sintaks mengacu pada struktur program yang ditulis dalam bahasa pemrograman. Di sisi lain, semantik menggambarkan hubungan antara pengertian program dan model komputasi.
  2. Kesalahan sintaksis ditangani pada waktu kompilasi. Sebagai lawan, kesalahan semantik sulit ditemukan dan ditemukan saat runtime.
  3. Sebagai contoh, dalam c ++ variabel “s” dideklarasikan sebagai “int s;”, untuk menginisialisasi kita harus menggunakan nilai integer. Alih-alih menggunakan integer, kami telah menginisialisasi dengan “Tujuh”. Deklarasi dan inisialisasi ini secara sintaksis benar tetapi secara semantik salah karena “Tujuh” tidak mewakili bentuk integer.

Dhuo Creative menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?