1. Sublime Text

Aplikasi coding yang satu ini cukup kompatibel karena dapat digunakan pada Windows, Mac, maupun Linux. Namun, di antara ketiganya, Linux-lah sistem operasi yang paling cocok dengan aplikasi “Sublime Text”. Selain memiliki performa yang maksimal dan tampilan yang beragam namun tetap sederhana, “Sublime Text” cukup ramah pada berbagai pengembangan. Aplikasi ini juga dapat Anda gunakan secara gratis dengan jangka waktu tertentu. “Sublime Text” cukup mudah digunakan, sekali pun pada perangkat dengan resource yang terbatas.

2. Visual Code Studio

Aplikasi coding yang juga besutan dari Windows ini mengusung tampilan sederhana namun menarik. “Visual Code Studio” dapat dengan mudah Anda peroleh secara berbayar maupun gratis. Meskipun tak perlu mengeluarkan biaya, fitur yang dihadirkan cukup bersaing, seperti¬†keyboard shortcut, melengkapi barisan kode secara otomatis, menggunakan mode Zen untuk menyembunyikan menu dan ikon dan lain-lain.

3. Notepad++

Aplikasi coding ini cukup familiar di telinga programmer. Pasalnya, ini adalah aplikasi bawaan Windows yang dikembangkan dari Notepad. Meskipun begitu, aplikasi ini dapat didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas yang dapat ditambahkan banyak plugins. “Notepad++” dikenal dengan tampilan jendela tab, sehingga Anda dapat membuka beragam file dalam satu waktu.

4. Emacs

Aplikasi coding yang dirilis pada tahun 1975 ini dibuat oleh Richard Stallman bersama Guy L. Steele, Jr, hingga terciptalah singkatan ‘Editor MACroS’. Setelah aplikasi ini, Richard Stallman kembali mengembangkan aplikasi coding yang hingga kini banyak dikenali programmer, yaitu GNU Emacs dan XEmacs. Emacs sendiri hadir dengan mengusung file manager lalu melengkapinya dengan subversion, bzr, git, hg hingga fitur lain diantaranya tampilan email, debugger, maupun berita. Umumnya, aplikasi coding “Emacs” banyak digunakan oleh para pengguna Linux.

5. Komodo Edit

“Komodo Edit” adalah aplikasi coding yang kompatibel dan dapat digunakan pada segala macam sistem operasi, mau itu¬†Windows, Mac OS, atau pun Linux, semuanya bisa. Aplikasi coding yang diluncurkan pada tahun 2007 ini sudah lama menemani programmer dengan beragam fiturnya yang lengkap dan bahasa pemrograman yang luas meliputi HTML, SQL, CSS, Python, PHP, hingga Ruby.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?