aplikasi photoshop mungkin agak sedikit ribet bagi orang yang baru pertama kali menggunakannya,terutama dalam hal membuat desain dan mengedit foto.tetapi,jangan khawatir disini kita akan mulai mempelajari basic dalam photoshop yang harus dikenali.

1.mengenali workspace

kotak pertama, merupakan sebuah menu untuk banyak fungsi, serta fitur adobe photoshop itu digunakan. Disana kamu bisa membuka file project, open gambar, export gambar, effect, merubah resolusi gambar dan masih banyak lainnya.

Inilah beberapa fitur menu File yang harus kamu hafal, diantaranya.

  1. New ( Ctrl+N ) membuat layer atau project baru di photoshop karena cara kerjanya di software ini bisa membuka atau membuat beberapa project secara bersamaan.
  2. Open ( Ctrl+O ) fungsinya untuk membuka gambar atau file project di photoshop yang secara otomatis akan dimasukan kedalam laman kerja.
  3. Save As ( Shift+Ctrl+S ) untuk menyimpan hasil editing foto kita di photoshop, kamu bisa save dengan berupa format gambar seperti jpg, png atau lainnya dan paling penting projectnya itu sendiri ( .psd ).
  4. Export, secara kegunaan sama saja seperti save as, membedakan adalah lebih khusus untuk mengexport gambar ke format tadi, dimana kita bisa mengatur ukuran, kualitas dari foto yang akan disimpan.

Kotak ke duaTools yang berfungsi untuk mengedit, mengubah, membentuk, membuat object sesuatu pada project file photoshop kita.

beberapa tools yang sering digunakan oleh pengguna photoshop.

1.Move Tool (V), berfungsi sebagai memindahkan object atau gambar dari suatu project. Ini merupakan tools yang sangat sederhana tapi sangat penting untuk keberlangsungan editing foto.

2.Rectangular Marquee tool, Menseleksi sebuah gambar dari bagian tertentu untuk menyalin, memindahkan, atau menambahkan effect dari yang telah diseleksi itu.

3.Crop tool, merupakan sebuah fungsi yang sangat berguna ketika ingin memotong gambar dari photoshop.

4.Eraser Tool, Membuat salah satu object pada foto untuk menjadi transparan atau merubah menggunakan warna.

5.Pen Tool, membuat path atau object secara custom menggunakan pen tool yang sangat berguna ketika ingin menyeleksi object pada gambar.

6.Text, Kamu bisa menambah sebuah tulisan dari foto yang ingin di edit dari project photoshop.

7.Shape tools, ini sangat mendasar sekali untuk membuat object shape seperti kotak, oval, bintang, garis dan ingin membuat secara custom bisa menggunakan pen tool.

Kotak ke tiga, merupakan fitur sangat penting ketika ingin mengedit foto yang berfungsi menyimpan layer.

Ada beberapa hal seperti options, filtering layer, blending mode, lock layer, opacity and fill, layer row, create, link, dan delete. 

Jadi, ketika gambar di import kedalam project maka akan disimpan foto tersebut dikolom layer yang kamu bisa gunakan disana untuk menambah, mengedit, mengapus juga.

Kotak ke empat, merupakan sebuah fitur tambahan yang terdapat dari tools yang telah dijelaskan diatas. Misalnya menggunakan text, akan ada fitur pilihan lain seperti mengganti font, ukuran font dan masih banyak lainnya.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?