Mulai dari Instagram,Facebook,Twitter,Youtube hingga TikTok. Merupakan beberapa platform sosial media yang paling diminati oleh semua kalangan. Bahkan pada Januari 2021, tercatat angka pengguna media sosial mencapai 4,2 miliar atau tumbuh 13,2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. dimana ada lebih lebih dari 1,3 juta pengguna baru di media sosial setiap harinya sejak 2020 atau setara dengan 155 ribu pengguna baru setiap detik.

Diindonesia sendiri tercatat pengguna aktif media sosialnya mencapai 170 juta. Artinya, jumlah pengguna media sosial di Indonesia setara dengan 61,8 persen dari total populasi pada Januari 2021. Angka ini juga meningkat 10 juta, atau sekitar 6,3 persen dibandingkan tahun lalu.

artinya sosial media punya dampak yang sangat besar terhadap kehidupan masyarakat. Apalagi jika melihat Generasi saat ini, sosial media jadi platform yang wajib digunakan. Hal ini tentunya banyak mengubahh kehidupan kita baik itu buruk maupun baik. Untuk itu kamu butuh mengenal lebih dalam apa itu sosial media dan bagai mana pengaruh dan cara menggunakannya dengan baik dan benar.

Sosial media.

Pada dasarnya sosial media adalah sebuah media dari yang ditujukan untuk berbagai hal seperti kebutuhan komunikasi jarak jauh, proses interaksi antara user satu dengan user lain, serta mendapatkan sebuah informasi melalui perangkat aplikasi khusus menggunakan jaringan internet. Sederhananya kamu dapat membayangkan instagram yg sering kamu gunakan ataupun aplikasi youtube yang ada di ponsel kamu, nah kedua aplikasi ini adalah salah satu contoh media sosial.

dapat kamu bayangkan sosial media punya banyak sekali kegunaan seperti saat menggunakan youtube kamu dapat menemukan berbagai video dengan berbagai informasi yang mungkin akan sangat membantu kamu. Selain itu sosial media juga dapat menjadi tempat kamu membagikan sesuatu untuk berbagi beberapa pengalaman menarik kamu.

 social media sendiri adalah sebagai sarana komunikasi untuk menghubungkan antar pengguna dengan cakupan wilayah yang sangat luas. 

Agar pengguna media sosial (medsos) lebih mudah dan cepat, dibutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat. Anda tidak perlu lagi menghubungi orang lain melalui kabel telepon atau alat komunikasi tradisional. Cukup dengan mengakses media sosial, anda dapat terhubung dengan banyak orang, membuat forum, diskusi bersama, mengunggah aktivitas keseharian anda, dan lain sebagainya.

Dampak media sosial

lalu apa dampak sosial media? sosial media punya dampak yang luar biasa, dampak ini tentunya dapat mengubah cara hidup dan pola pikir seseorang.

Kebanyakan orang mengatakan bahwa media sosial itu memberikan dampak buruk bagi pola pikir kita. Faktanya, menggunakan media sosial berlebihan sangat mungkin menimbulkan depresi.

Hal ini terjadi karena melihat-lihat media sosial membuat kita tidak sadar selalu membandingkan diri dengan orang lain. Mungkin Anda sering melihat teman yang hidupnya lebih baik, pekerjaan yang lebih mapan, hingga memiliki pasangan idaman. Semua terlihat ideal dan akhirnya muncul iri dan rasa tidak percaya diri.

Jika kondisi ini dibiarkan, bukan tidak mungkin Anda bisa mengalami depresi. Namun memang, depresi akibat media sosial biasanya tidak terjadi dengan mudah. Biasanya gangguan ini terjadi cukup lama hingga depresi muncul dan terdapat faktor pendukung lainnya.

Akan tetapi, bila kita bijak menggunakannya, justru media sosial bisa menjadi wadah untuk saling berbagi informasi yang positif, misalnya saja pekerjaan sampai seputar info tentang barang yang memang sedang Anda cari selama ini.

Lalu bagaimana menggunakan sosisal media yang baik dan benar.

1. Pakai media sosial seperlunya

Pemakaian sosial media sebenarnya tidak apa-apa karena platform ini yang sering kita gunakan untuk bersosialisasi serta mendapatkan informasi.

Oleh karena itu, jika kita lebih bijaksana dalam membatasi waktu serta memakainya untuk situasi dan kondisi tertentu saja, sehingga kita tidak begitu terkena efek negatif dari penggunaan sosial media secara berlebihan.

2. Awasi anak Anda

Jika kita adalah orang tua, maka langkah yang paling benar adalah dengan memantau penggunaan sosial media anak. Mulailah dengan menjelaskan apa yang boleh dan dilarang dan menyaring informasi juga harus dilakukan sejak dini agar tidak mengganggu proses perkembangan psikologis anak dan mengubah pola pikir mereka menjadi lebih buruk.

3. Berpikir kritis

Cobalah untuk mulai berpikir kritis karena hal tersebut sangat penting dalam tata cara penggunaan sosial media yang baik. Jangan menelan informasi begitu saja, cari faktanya terlebih dahulu, dan fokus terhadap pengembangan diri masing-masing.

Sebenarnya, sosial media memang dapat mengubah pola pikir seseorang, entah itu menjadi lebih baik ataupun buruk. Semuanya tergantung pada individu masing-masing yang memiliki kuasa atas dirinya sendiri. Jika mulai terasa dampak negatifnya, sudah saatnya untuk lebih fokus pada dunia nyata, memperhatikan orang-orang dan lingkungan sekitar, dan melakukan kegiatan yang lebih positif.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?