Hosting adalah sebuah layanan online yang digunakan untuk mengelola data situs atau aplikasi web oleh pengguna dan ditampilkan melalui via internet. File website yang tersimpan di dalam hosting berupa gambar, script, video, email, aplikasi, dan database (basis data). Saat anda menggunakan jaringan internet dan akan mengakses sebuah situs, maka hal yang pertama anda lakukan adalah menuliskan nama domain atau kata kunci tertentu pada halaman mesin pencari seperti Google.Fungsi utama dari penggunaan hosting adalah mampu mengembangkan berbagai website, membuat email profesional, dan melindungi situs dengan bantuan SSL.

Fungsi utama dari penggunaan hosting adalah mampu mengembangkan berbagai website, membuat email profesional, dan melindungi situs dengan bantuan SSL.

Terdapat beberapa jenis web hosting, diantaranya adalah cloud based, dedicated, shared, VPS, dan WordPress hosting.

1. Kenali Target Audience

Pastikan Anda mengecek kira-kira dari mana saja orang-orang tersebut berasal, jika konten website Anda menggunakan bahasa Indonesia, maka lokasi server Indonesia adalah yang paling tepat.

Opsi lain jika pengunjung website Anda ada yang dari luar negeri bisa menggunakan server Sinagpore, alasannya selain lokasinya berdekatan, keceptan internasioanlnya lebih tinggi dari server Indonesia.

2. Kenali Jenis Website

Setelah mendapatkan target audience yang tepat, selanjutnya Anda bisa menentukan jenis website  apa yang akan Anda buat.

Apakah membuat website pribadi, company profile, toko online, sistem informasi, blog pribadi dan lainnya.Jika sudah mendapatkan jenis website yang akan dibuat, langkah selanjutnya tinggal memilih lokasi server hosting.

3. Perhatikan Kecepatan Akses

Website yang menggunakan IP server Indonesia akan lebih cepat saat diakses oleh pengunjung yang menggunakan IP Indonesa karena masih satu lokasi.

Jika Anda menggunakan server luar, maka saat terjadi request ke server akan melewati dulu Internet Exchange kemudian diteruskan ke server tujuan, tentunya ini akan memakan waktu sedikit lebih lama.

Jadi semakin dekat dengan server dengan pengunjung website akan semakin cepat aksesnya.

4. Dekat Dengan Internet Exchange

Internet exchange adalah tempat terhubungnya jaringan internet dari berbagai ISP (Internet Service Provider) yang ada di Indonesia.

Dengan adanya internet exchange ini sambungan internet yang ada di Indonesia tidak perlu berputar-putar keluar negeri dulu baru balik ke Indonesia.

Konsep penggabungan Indonesia Internet Exchange (IIX) menjadi terpusat ini memberikan akses yang lebih cepat ke lokasi server.

5. Sesuaikan Budget

Lokasi server menentukan akan menentukan seberapa harga sewanya, untuk server Indonesia saat ini memiliki harga sedikit lebih mahal jika dibanding server US atau server Eropa.

Tetapi Anda jangan terpancing karena harga yang selisih sedikit, tetapi perlu diperhatikan dari kecepatan akses website saat ada pengunjung yang datang.

Untuk website yang memiliki target audience seluruh dunia, server Amerika adalah paling tepat, karena lokasinya berada di pusat server dunia sehingga aksesnya lebih cepat.

6. Sesuaikan Keperluan Lain

Ada hal lain yang perlu Anda perhatikan salah satunya penggunaan email, jika Anda sering berkirim email dengan attachment file besar, maka pemilihan server di US atau Eropa adalah yang paling tepat karena lokasi pusat email public berada di Amerika dan Eropa.

Dhuocreative menyediakan jasa serta pembelajaran khusus untuk komputer.untuk info lebih lanjut kli disinii -> www.dcsoftweb.com

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?