Ketika melihat halaman dengan tulisan “The site ahead contains harmful programs Error” atau “The site ahead contains malware”, tentu hal ini sangat menjengkelkan. Bagaimana cara mengatasi malware pada website? berikut adalah penjelasannya.

Apa Itu Malware?

Malware merupakan akronim dari Malicios Software yang artinya sendiri merupakan sebuah program yang sengaja dikembangkan untuk menyusup kedalam sistem komputer kemudian merusak dari dalam.

Bagaimana Cara Malware Mengninfeksi Website?

secara umum malware dapat masuk ke sistem komputer maupun website melalui aplikasi/program yang diinstal oleh administrator. Malware yang telah berhasil masuk ke dalam sistem komputer harus segera ditanggulangi dengan cara memasang anti virus atau melakukan evaluasi file yang dianggap menjadi biang keladi. Kalau hal ini tidak segera di atasi, maka salah satu akibatnya adalah performa website kamu akan menurun drastis di hasil penelusuran mesin pencari.

Jenis-Jenis Malware

Berikut daftar jenis-jenis Malware yang wajib kamu ketahuit:

  1. Adware
  2. Keyloggers
  3. Ransomware
  4. Trojan Horse
  5. Bot
  6. Spyware
  7. Worm
  8. Virus
  9. RootKit

Cara Menghilangkan Malware Pada Website

1. Atasi Malware dengan Menyisir File Mencurigakan

Salah satu jalan masuk Malware kedalam website adalah melalui keteledoran administrator yang sembarangan dalam mengunggah file. Jadi, jika situs bisnis kamu saat ini sedang terkena malware dan tidak bisa diakses, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menyisir seluruh file untuk menemukan kode mencurigakan.

Selain menyisir file mencurigakan, kamu juga bisa mengecek halaman index.php serta memberi perhatian lebih pada jenis file berekstensi SQL yang biasanya menjadi biang keladi terkait masalah ini

Setelah website dirasa sudah bersih dari file malware, jangan lupa juga untuk meminta index ulang ke Google Search Console agar peringkat website di hasil penelusuran bisa kembali normal.

2. Mengatasi Malware Pada Website Menggunakan Plugin

Kamu bisa menggunakan plugin keamanan semacam Wordfence, All In One SEO, BulletProof atau iThemes. Plugin sistem keamanan yang paling kami rekomendasikan adalah Wordfence karena didalam plugin ini terdapat layanan kelas enterprise yang bisa dinikmati secara gratis.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghilangkan malware pada website, Terlepas dari itu Dhuo Creative juga menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?