Cara unhide folder atau memunculkan kembali folder yang disembunyikan sebenarnya mudahdan praktis untuk dilakukan.

Hanya saja, beberapa pengguna perangkat elektronik sudah terlanjur panik saat melihat folder yang dibutuhkan menghilang dari layar. atau sebagian orang ada juga yang memang sengaja untuk disembunyikan karena menganggap itu sebagai privasi yang tidak boleh di ganggu orang lain.

Tapi ada pula yang pengguna pc yang tanpa sengaja melakukannya dan ingin mengembalikan folder atau file tersembunyi tersebut agar bisa diakses kembali.

Cara unhide folder yang pertama ini khusus untuk pengguna PC dengan sistem operasi Microsoft Windows.

Ada dua cara yang bisa digunakan, tapi kali ini perhatikan sebuah cara menampilkan file tersembunyi yang paling mudah untuk diterapkan di PC dengan sistem operasi Windows.

  1. Buka File Explorer yang ada di PC Windows dengan cara mengklik ikon File yang ada di Taskbar atau menekan kombinasi tombol Windows dan tombol E yang terdapat di keyboard PC.
  2. Pilih salah satu drive tempat file atau folder yang terdapat hidden file.
  3. Setelah drive tersebut terbuka di panel sebelah kanan layar, klik pada tab View di bagian Ribbon.
  4. Klik tanda panah yang mengarah ke bawah di bagian Show/Hide untuk melihat beberapa menu yang tersedia. Klik kotak di sebelah Hidden Items untuk memunculkan file yang disembunyikan.

Semua file dan folder yang disembunyikan dalam drive yang Anda pilih akan langsung muncul dan dapat diedit sesuai dengan kebutuhan.

Berikutnya adalah cara untuk memunculkan kembali folder yang disembunyikan di dalam komputer atau laptop dengan sistem operasi MacOS.

  1. Klik pada menu Go yang terdapat di Finder PC MacOS. Akan muncul berbagai menu yang seperti All My Files, Documents, Utilities, dan sebagainya.
  2. Klik pada pilihan Go to Folder. Setelah jendela Go to Folder terbuka, ketikkan atau tempelkan alamat lokasi tempat folder atau file tersembunyi berada lalu klik Go atau tekan tombol Enter.

Cara unhide folder di atas akan memunculkan file atau folder dalam bentuk transparan, sebagai tanda bahwa file tersebut disembunyikan dan tidak bisa dilihat oleh sembarang orang.

Dhuocreative menyediakan jasa serta pembelajaran khusus untuk komputer.untuk info lebih lanjut kli disinii -> www.dcsoftweb.com

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?