Pengertian Client dan Server

Client adalah sembarang sistem atau proses yang melakukan suatu permintaan data atau layanan ke server sedangkan server ialah, sistem atau proses yang menyediakan data atau layanan yang diminta olehclient.

Client-Server adalah pembagian kerja antara server dan client yang mengakses server dalam suatu jaringan. Jadi arsitektur client-server adalah desain sebuah aplikasi terdiri dari client dan server yang saling berkomunikasi ketika mengakses server dalam suatu jaringan.

Ciri-Ciri Client dan Server

  1. Servis (layanan)
  2. Sharing resources (sumber daya)=>Server bisa melayani beberapa client pada waktu yang sama, dan meregulasi akses bersama untuk share sumber daya dalam menjamin konsistensinya.
  3. Asymmetrical protocol (protokol yang tidak simetris )=> Many-to-one relationship antara client dan server.Client selalu menginisiasikan dialog melalui layanan permintaan, dan server menunggu secara pasif request dari client.
  4. Transparansi lokasi=> Proses yang dilakukan boleh terletak pada mesin yang sama atau pada mesin yang berbeda melalui jaringan.Lokasi server harus mudah diakses dari client.
  5. Mix-and-Match=> Perbedaan server client platforms
  6. Pesan berbasiskan komunikasi=> Interaksi server dan client melalui pengiriman pesan yang menyertakan permintaan dan jawaban.
  7. Pemisahan interface dan implementasi: Server bisa diupgrade tanpa mempengaruhi client selama interface pesan yang diterbitkan tidak berubah.

Fungsi Client dan Server

-Fungsi server
  • Menerima dan memproses basis data yang diminta dari client
  • Memeriksa autorisasi
  • Menjamin tidak terjadi pelanggaran terhadap integrity constraint
-Fungsi Client
  • Mengatur user interface
  • Menerima dan memeriksa sintaks input dari pemakai
  • Memproses aplikasi
X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?