CyberPanel adalah salah satu panel terbaik yang sudah dibekali dengan berbagai kelebihan. CyberPanel memiliki dukungan teknologi OpenLiteSpeed sehingga kecepatannya optimal. Untuk mengetahui lebih dalam lagi, mari simak isi artikel berikut ini.

Apa Itu CyberPanel

CyberPanel adalah salah satu web panel alternatif cPanel yang bisa digunakan untuk mengelola server. CyberPanel juga dapat disebut sebagai salah satu web panel yang digunakan untuk manajemen VPS.

Fungsi dari CyberPanel sama seperti cPanel, Plesk, VestaCP, Webuzo, dan lain-lain. Yaitu untuk mempermudah dalam menjalankan atau memanajemen VPS. 

Keunggulan CyberPanel

Berikut ini adalah keunggulandari CyberPanel.

1.Interface File Manager User Friendly

CyberPanel memiliki fungsi File Manager berbasis web yang sangat menarik dan user friendly. File manager sendiri merupakan fungsi yang cukup krusial bagi blogger maupun web developer. Karena di sini kamu bisa mengatur seluruh berkas/file yang ada di dalam website.

2.Ringan

CyberPanel sangat ringan ketika dioperasikan ke dalam Virtual Private Serve (VPS) ataupun Dedicated Server. 

Salah satu faktor yang membuat CyberPanel bisa bekerja secara cepat adalah penggunaan teknologi OpenLiteSpeed untuk versi gratis dan LiteSpeed untuk versi enterprise atau berbayar.

3.Punya Fitur Backup-Restore

Ftur backup dan restore menjadi sangat penting karena bisa memudahkan proses migrasi. Ketika menggunakan CyberPanel kamu bisa mendapatkan kedua fitur ini di dashboard Admin.

4.Support Multi PHP

Ketersediaan versi PHP sangat penting untuk mendukung sebuah project agar bisa berjalan optimal. Di CyberPanel saat ini sudah mendukung multi PHP sehingga kamu bisa menentukan versi PHP berapa yang akan berjalan di sebuah aplikasi atau website.

5.Mendukung Apache .htaccess

Ketika kamu menggunakan CyberPanel, maka hanya perlu sedikit modifikasi saja ketika ingin menggunakan mod_rewrite .htaccess milik Apache web.

6.Tersedia Versi Gratis dan Berbayar

CyberPanel terdapat pilihan versi gratis dan berbayar atau yang mereka sebut sebagai versi enterprise.

7.Proses Instalasi Mudah

CyberPanel umumnya bisa berjalan di Linux Ubuntu atau Centos sehingga kamu perlu memastikan sistemnya berjalan di antara salah satu OS tersebut.

8.Interface Webmail Bagus 

Setiap web panel biasanya memiliki layanan untuk mengelola email domain. Jika di cPanel fasilitas ini menggunakan Roundcube, sementara di panel ini memakai Rainloop.

Kelemahan CyberPanel

Berikut merupakan kelemahan CyberPanel.

1.Username di Web Panel Berbeda dengan Username Linux

Kelemahan dari CyberPanel adalah sistem penggunaan username dan password yang berbeda antara web panel dengan Linux. Kondisi ini akan merepotkan ketika suatu saat terjadi error di database.

2.DNS Zone Tidak Sepenuhnya Otomatis

DNS Zone di CyberPanel tidak sepenuhnya otomatis ketika kita menambahkan website. Beberapa record yang perlu dipertimbangkan terkait kelemahan DNS Zone ini yakni ketika kamu menambahkan Name Server. 

3.Perlu Penyesuaian Untuk User Baru

CyberPanel memiliki tampilannya yang lumayan unik.  Bagi kamuyang selama ini sudah terbiasa menggunakan cPanel, Plesk, atau DirectAdmin, tentu butuh melakukan penyesuaian agar bisa lebih mudah mengoperasikannya.

Demikianlah artikel mengenai cyberpanel, semoga dapat membantu kamu yang ingin mengetahuinya lebih dalam lagi. Terlepas dari itu, Dhuo Creative juga menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/.

Terimakasih.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?