Ada dua jenis hosting di server perangkat keras yang memenuhi kebutuhan bisnis yang berbeda, yaitu dedicated hosting dan shared hosting. Shared hosting berarti beberapa organisasi menghosting aset bisnis mereka di server yang sama. di sisi lain, Dedicated hosting berarti organisasi memiliki akses penuh dan eksklusif ke semua ruang penyimpanan dan bandwidth yang dapat disediakan oleh server.

Mengenal Apa Itu Dedicated Server

Dedicated server mengacu pada sewa dan penggunaan eksklusif komputer yang mencakup server web, perangkat lunak terkait, dan koneksi ke internet, ditempatkan di tempat perusahaan hosting web. Server khusus biasanya diperlukan untuk situs web atau kumpulan situs perusahaan terkait yang dapat mengembangkan lalu lintas dalam jumlah besar.

Banyak yang mengklaim bahwa penggunaan dedicated server di tempat mereka menghemat router, koneksi internet, sistem keamanan, dan biaya administrasi jaringan. Dalam menyewa dedicated server, perusahaan klien mungkin diminta untuk menggunakan sistem komputer tertentu atau mungkin ditawarkan pilihan beberapa sistem.

Manfaat Menggunakan Dedicated Server

Hampir semua organisasi, perusahaan, bisnis bahkan hingga individu harus menyimpan data, baik itu informasi pengenal pribadi/personally identifiable information (PII) pelanggan mereka, kredensial pengguna, analitik atau apa saja data/informasi penting. Berikut ini beberapa manfaat jika kita memutuskan untuk menggunakan layanan dedicated server khusus bagi bisnis atau perusahaa.

1.Keamanan data

Dengan menggunakan dedicated server, kemungkinan peluang pengurangan pelanggaran data jauh berkurang. Sedangkan di shared hosting, jika satu pengguna disusupi karena infrastruktur keamanan yang tidak efisien, itu dapat membahayakan semua pengguna lain yang dihosting di server itu.

2.Peningkatan kinerja

Server khusus dapat menawarkan kinerja yang lebih baik untuk aplikasi karena tidak terlalu terlalu banyak terbebani oleh beban kerja yang digunakan oleh pengguna yang berbeda seperti jika menggunakan shared hosting.

3.Kustomisasi

Memiliki server khusus memungkinkan lebih banyak penyesuaian, seperti mikro segmentasi jaringan atau menggunakan perangkat lunak khusus. Hosting bersama lebih terbatas karena tidak semua organisasi di server mungkin menginginkan atau memerlukan penyesuaian yang sama.

Tips Memilih Layanan Dedicated Server

Berikut beberapa hal terpenting yang perlu dipertimbangkan saat memilih server khusus ini.

  • Melihat persyaratan kinerja yang ditawarkan apakah telah sesuai dengan kebutuhan.
  • Mempertimbangkan potensi downtime yang lebih minim.
  • Antisipasi penggunaan bandwidth dan tawaran yang tak terbatas.
  • Uji kualitas jaringan.
  • Pertimbangkan skalabilitas aplikasi.
  • Pilih penyedia hosting yang sudah terpercaya dan memiliki dukungan terbaik.

Dhuo Creative menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?