Semua kumpulan data dan informasi sering disebut sebagai data WHOIS. Layanan WHOIS sendiri bukanlah database tunggal yang dioperasikan secara terpusat. Untuk mengetahui lebih dalam lagi, mari simak artikel berikut ini.

Apa Itu WHOIS

WHOIS adalah daftar catatan internet yang banyak digunakan untuk mengidentifikasi siapa yang memiliki domain dan bagaimana cara menghubunginya.

Layanan WHOIS adalah layanan internet gratis yang memungkinkan pengguna untuk mencari ketersediaan nama domain tertentu dan, jika terdaftar, entitas/ orang yang ditetapkan untuk siapa nama domain tersebut telah terdaftar. Layanan WHOIS terutama digunakan untuk mengidentifikasi dan mencari nama domain tertentu selain juga mendukung pencarian alamat IP dan system intranet yang sesuai.

Cara Kerja WHOIS

Adanya WHOIS memungkinkan kita mencari nama dan informasi kontak siapa pun yang mengoperasikan nama domain generic dalam situs web apa pun. Sebagai bagian proses pendaftaran, kita harus memberikan detail kontak yang akurat dan andal kepada registrar dan segera memperbaiki serta memperbarui detail ini jika diperlukan. Penyediaan informasi yang tidak akurat atau tidak dapat diandalkan dengan sengaja, atau kegagalan yang disengaja untuk memperbarui informasi yang diberikan kepada registrar, dapat menjadi dasar untuk membatalkan pendaftaran kita dan hilangnya hak untuk menggunakan nama domain.

Kemudian pencatat yang kita pilih akan meminta kita untuk memberikan kontak dan informasi teknis, beberapa di antaranya di wajibkan oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). Lalu pencatat akan menyimpan catatan informasi kontak dan mengirimkan informasi teknis dan kontak tertentu ke entitas yang dikenal sebagai Registry yang akan mengelola direktori pusat untuk TLD tersebut. ICANN sendiri akan mengkoordinasikan registrasi pusat untuk sumber daya internet yang mencakup referensi ke server WHOIS dari registry yang bertanggung jawab serta detail kontak registry ini.

Disamping itu registry juga memelihara system vital lainnya, server nama otoritatif yang memegang kunci lokasi situs web. ISP kita akan menanyakan server nama mulai dari server root untuk mengetahui server mana yang terkait dengan nama domain tersebut. Salah satu server nama tersebut kemudian dihubungi dan akan dikembalikan alamat IP untuk nama domain tersebut dan komputer kita sekarang dapat terhubung ke komputer yang akan menampilkan beranda ICANN.

Jenis atau Tipe WHOIS

Terdapat dua jenis WHOIS yang umum dan berikut penjelasan dari jenis atau tipe WHOIS yang harus kamu ketahui.

WHOIS Domain

Setiap domain terdaftar diharuskan memiliki beberapa tingkat informasi kontak. Informasi kontak ini kemudian dimasukkan ke dalam basis data WHOIS dan bila perlu pemilik domain dapat dihubungi tentang berbagai masalah terkait domain kamu. Kontak yang secara otomatis ditetapkan ke domain kamu, yaitu :

  • Server Name (Pendaftar) adalah individu atau organisasi yang memiliki domain.
  • Contact Administrative (Administrasi) merupakan Individu yang berwenang untuk membuat keputusan dan menjawab pertanyaan tentang domain.
  • Technical Contact (Teknis) adalah individu yang harus dihubungi yang akan menangani setelan teknis untuk domain.
  • Billing Contact (Penagihan) adalah individu atau organisasi yang mengelola detail penagihan dan pembayaran domain.

WHOIS Privacy

WHOIS Privacy memungkinkan melindungi detail pribadi kita dari spam, penipuan, transfer domain palsu dan pencurian identitas. Berikut adalah keuntungan menggunakan WHOIS Privacy:

  • Menjaga privasi dengan memblokir panggilan spam dan email sampah
  • Pemasaran jarak jauh.
  • Mencegah penggunanya dari kemungkinan pencurian identitas.
  • Memberikan bantuan dalam pengamanan data, dan masih banyak lagi keuntungan lainnya.

Dhuo Creative menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?