Bagi kamu yang ingin belajar tentang deposito lebih dalam, Di artikel kali ini kami akan membahas semua yang perlu kamu ketahui tentang deposito.

Apa Itu Deposito?

Deposito adalah uang yang disimpan di bank dalam jangka waktu yang sudah disepakati oleh kedua pihak antara nasabah dan bank. Atau bisa juga disebut sebagai sebuah transaksi yang melibatkan transfer uang ke pihak lain untuk diamankan. 

Kelebihan dan Kekurangan

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan menggunakan deposito.

Kelebihan Deposito

Ada banyak keuntungan  yang bisa kamu dapatkan dari deposito, berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Memperoleh Bunga Cukup Besar

Keuntungan pertama menggunakan deposito adalah kamu akan memperoleh bunga yang cukup besar dibandingkan dengan tabungan biasa.

2. Keamanan Yang Terjamin

Pada saat uang tersimpan di bank maka keamanan uang akan terjamin. Berbeda dengan saat kamu menyimpan uang di rumah, keamanannya tidak sebaik di bank.

3. Investasi Menguntungkan

Deposito adalah investasi menguntungkan. Pasalnya kamu tidak khawatir mengalami kerugian. Karena semua kerugian dijamin oleh pihak lembaga penjamin simpanan.

Kekurangan Deposito

Berikut beberapa kelemahan dari penggunaan deposito, diantaranya:

1. Keuntungan Kecil

Meskipun telah memperoleh bunga yang cukup besar dari bank. Akan tetapi deposito masih mempunyai keuntungan yang lebih kecil bila dibandingkan dengan jenis investasi lainnya.

2. Ikut Terkena Inflasi

Uang yang didepositokan akan mengalami penurunan nilainya. Ini karena terjadi peningkatan harga bahan pokok. Ini salah satu kelemahan apabila kamu mau melakukan deposito.

3. Dikenai biaya pajak

Anda diwajibkan untuk membayar pajak setiap tahunnya. Biaya PPH ini sebesar 20 persen. Ketika kamu memperoleh bunga tidak begitu besar maka hasilnya dari bunganya sedikit karena akan dipotong untuk membayar pajak.

Bedanya Deposito dan Tabungan

Berikut beberapa perbedaan deposito dengan tabungan:

1. Bunga

Deposito memberikan bunga yang lebih besar bila dibandingkan dengan tabungan yang memberikan bunga.

2. Biaya Administrasi

Pada tabungan biasa bunga diperoleh dari bank akan digunakan untuk biaya administrasi bank. Biasanya secara otomatis di potong perbulannya. Sedangkan pada deposito kamu tidak akan dikenakan biaya administrasi. Namun akan di terkena wajib pajak penghasilan per tahunnya.

3. Waktu Penarikan

Pada deposito kamu tidak dapat menarik uang sebelum jatuh tempo yang sebelumnya sudah disepakati. Sedangkan pada tabungan, kamu bisa menarik uang kapan saja.

4. Jenis Produk

Apabila dilihat dari segi produk layanan, maka deposito adalah jenis produk investasi, sementara tabungan adalah simpanan biasa.

Dhuo Creative menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?