endpoint adalah ujung dari jalur komunikasi dalam satu jaringan. Tindakan keamanan endpoint merupakan cara untuk melindungi jaringan bisnis saat diakses oleh perangkat jarak jauh, nirkabel, atau seluler seperti laptop, tablet, dan telepon seluler. Perangkat endpoint  mencakup parangkat apapun yang terhubung ke jaringan bisnis pusat. Jenis perangkat ini kerap kita sebut dengan istilah perangkat end-user.

Apa perbedaan keamanan jaringan dan  keamanan  endpoint?  Keamanan endpoint mengatasi risiko-risiko yang ditimbulkan oleh perangkat yang terhubung ke jaringan perusahaan. Proses ini mencakup mengamankan proses, data, dan informasi sensitif yang disimpan dan dikirimkan melalui perangkat tersebut. Sedangkan dalam keamanan jaringan, security measure-nya mencakup jaringan secara keseluruhan, bukan perangkat dan server secara individual.

Perangkat endpoint berpotensi menjadi pintu masuk berbagai ancaman keamanan siber. Bahkan, tak jarang, perangkat endpoint menjadi mata rantai terlemah dalam keamanan jaringan. Itulah mengapa dibutuhkan pengamanan khusus pada endpoint, terutama untuk memblokir upaya akses tak berijin dan aktivitas-aktivitas berisiko lainnya yang berlangsung di titik ini.  

Keamanan Endpoint mengacu pada pengamanan titik akhir, atau perangkat pengguna akhir seperti desktop, laptop, dan perangkat seluler. Titik akhir berfungsi sebagai titik akses ke jaringan perusahaan dan membuat titik masuk yang dapat dieksploitasi oleh pelaku jahat.

Dhuocreative menyediakan jasa serta pembelajaran khusus untuk komputer.untuk info lebih lanjut kli disinii -> www.dcsoftweb.com

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?