Motherboard adalah salah satu bagian terpenting dari sistem komputer. Di sinilah banyak komponen penting lain dari computer disatukan, seperti unit pemrosesan pusat (CPU), memori dan konektor untuk perangkat input dan output.

adapun beberapa fungsi dari motherboard,yaitu sebagai berikut:

1.Motherboard memiliki papan sirkuit, dan pada papan sirkuit ini dirancang dengan jalur yang berbeda, yang dikenal sebagai buses. Fungsi motherboard melalui jalur tersebut berguna untuk mentransfer data ke semua komponen komputer.

2. mengatur dalam mengedarkan daya untuk bagian-bagian komputer sesuai dengan kebutuhan setiap bagian.

3.sebagai pusat komunikasi ke seluruh komponen komputer yang terhubung, baik secara langsung atau pun tidak langsung. Motherboard membantu mengirimkan semua lalu lintas data untuk semua bagian komputer sesuai kebutuhan per bagian.

4.ROM (Read Only Memory) terpasang pada motherboard. ROM yang disimpan pada praprogram dikenal sebagai BIOS (Basic Input / Output System). Dan melalui BIOS ini fungsi motherboard memberikan bantuan untuk proses booting saat menyalakan daya komputer Anda.

5. memungkinkan menghubungkan berbagai komponen komputer langsung atau tidak langsung. Ada beberapa periferal seperti printer, keyboard, jack audio, hard drive, dan mouse. Yaitu menghubungkan langsung ke motherboard melalui berbagai port, soket, dan konektor.

Terdapat 2 model colokan processor yang terdapat pada motherboard,yaitu:

1.Model Zero Insertion Force (ZIF)

 yang populer dengan istilah socket 7 adalah model socket lama sampai dengan generasi 233 MHz dan kompetible dengan beberapa merk processor jenis Intel, AMD dan Cyrix. Model. Socket 370 dari Intel dan Socket A Athlon dari AMD, adalah salah satu merk processor yang menggunakan model ZIF.

2.Model Low Insertion Force (LIF) 

yang populer dengan istilah socket ini adalah Slot processor , yang banyak digunakan dari komputer processor pentium III hingga zamannya core. LIF processor memiliki gaya gesekan yang lebih rendah bila dibandingkan dengan model ZIF. Jenis processor 386 dan 486 awal mulai diterapkannya model processor LIF. 

Dhuocreative menyediakan jasa serta pembelajaran khusus untuk komputer.untuk info lebih lanjut kli disinii -> www.dcsoftweb.com.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?