Ad  Hoc  adalah bagian dari penemuan teknologi yang terus dikembangkan sampai saat ini. Jaringan tersebut juga memiliki beberapa jenis. Untuk mengetahui jenis-jenis nya mari simak isi artikel berikut ini.

Pengertian Ad Hoc

jaringan ad hoc adalah koneksi jaringan sementara yang dibuat untuk tujuan tertentu (seperti mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain).  Ad hoc termasuk ke dalam satu dari sekian banyak jenis WLAN (Wireless  Local Area Network) yang berisi sekumpulan node agar bisa berkomunikasi atau berbagi antara satu dengan yang lain.

Node dalam ad hoc ini bersifat dinamis. Node ini mudah berubah juga multifungsi, di antaranya sebagai penerima dan pengirim informasi atau data, penunjang node lain, serta sebagai pendukung jaringan.

Karakteristik Ad Hoc

Ad hoc memiliki beberapa karakteristik di dalamnya, di antaranya sebagai berikut.

1.Router free

Menjalankan jaringan ad hoc bisa lebih terjangkau daripada jaringan tradisional. Kamu tidak perlu biaya tambahan router. Namun, jika kamu hanya memiliki satu komputer,  tidak memungkinkan untuk menggunakan jaringan ad hoc.

2.Multiple wireless link

Setiap node dalam ad hoc memiliki mobilitas tinggi yang memungkinkan beberapa interface dapat terhubung dengan beberapa node lainnya. Jaringan ini juga bisa dengan cepat dibuat dalam situasi apapun, meski dalam keadaan darurat sekalipun.

3.Dyanamic topology

Topologi jaringan di dalamnya bisa berubah dengan acak. jika terjadi kesalahan dalam jaringan, masalah yang lebih kompleks akan terjadi pada routing protokol.

4.Limited resources

Ad hoc adalah salah satu jenis jaringan wireless. Karenanya ia memiliki limit pada kapasitas memori dan daya.

5.High speeed

Menggunakan jaringan ad hoc tidak memerlukan perangkat keras maupun perangkat lunak tambahan. Jika kamu perlu menghubungkan banyak komputer dengan cepat dan mudah, maka Ad hoc adalah solusi yang tepat.

Jenis Ad Hoc

Jaringan ad hoc juga memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut:

1.Mobile ad hoc network (MANET)

Jaringan MANET merupakan  jaringan ad hoc perangkat seluler atau bersifat mobile. MANET bisa bergerak dengan bebas pada jaringan yang tidak terkait.

2.Vehicular Ad Hoc Network (VANET)

InVANET  (kendaraaan jaringan cerdas Adhoc) merupakan jaringan yang  menggunakan kecerdasan buatan dan teknologi ad hoc untuk berkomukasi antar kendaraan dengan sopan dan pintar, khususnya ketika sedang terjadi kecelakaan.

3.Smartphone ad hoc network (SPAN)

SPAN ini tidak memiliki ketergantungan dengan jaringan seluler operator maupun infrastruktur jaringan tradisional. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada seperti Wi-Fi dan Bluetooth

4.Jaringan mesh nirkabel

Jaringan mesh adalah jaringan ad hoc di mana berbagai node saling berkomunikasi secara langsung untuk menyampaikan informasi ke seluruh jaringan.

5.Tectical MANET (Jaringan Military)

Jaringan ini digunakan oleh unit militer untuk komunikasi dan meningkatkan keamanan. Dalam militer, pemanfaatan integrasi jaringan sebelumnya digunakan untuk penekanan keamanan.

6. Jaringan sensor nirkabel

Sensor nirkabel yang mengumpulkan segala sesuatu mulai dari pembacaan suhu dan tekanan hingga tingkat kebisingan dan kelembaban. Selain itu, ia juga membentuk jaringan ad hoc untuk mengirimkan informasi ke basis rumah tanpa harus terhubung langsung ke sana.

7. Jaringan ad hoc penyelamatan bencana (DRAN: Disaster Rescue Ad Hoc Network)

Jaringan ad hoc ini penting ketika terjadi bencana dan perangkat keras komunikasi yang digunakan tidak berfungsi dengan baik.

Itulah pengertian Ad hoc sebagai jaringan wireless berbasis node yang memiliki karakteristik unik dan punya banyak jenis. Terlepas dari itu, Dhuo Creative juga menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?