Berikutnya adalah beberapa format gambar atau image yang digunakan secara umum, yaitu :

1. JPEG (Joint Photographic Experts Group)

JPEG adalah format paling populer yang digunakan untuk mengambil foto di kamera, mengunggah ke web, berbagi di media sosial. Selain juga bisa digunakan untuk mencetak, asalkan masih tahap akhir dan tidak perlu pengeditan lebih lanjut. Format ini juga banyak digunakan dan kompatibel dengan sebagian besar perangkat lunak dan dengan ukuran file rendah, jadi hemat ruang pada kartu memori selain menawarkan beberapa kontrol atas jumlah kompresi.

2. TIFF (Tagged Image File)

Sering digunakan untuk keperluan grafis berkualitas tinggi membuat format TIFF populer di industri penerbitan dan untuk seniman grafis yang juga berguna untuk mengedit foto dan mengarsipkan gambar. TIFF sendiri adalah wadah grafis lossless, yang berarti format ini dapat menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan kelemahan ukuran file yang lebih besar. TIFF mempunyai berbagai opsi kompresi serta memiliki banyak halaman dan mempertahankan lapisan image. Hanya saja dengan ukuran file sangat besar, jadi tidak semua aplikasi mendukung TIFF multi halaman.

3. PNG (Portable Network Graphics)

PNG adalah format lain yang dirancang untuk kompresi gambar tanpa kehilangan, yang membuatnya bagus untuk foto dan dokumen teks. Paling populer untuk digunakan di web karena dioptimalkan untuk layar, membuat format PNG jadi tidak ideal untuk dicetak. PNG mendukung lebih banyak warna daripada GIF, mampu mengkompresi tanpa kehilangan kualitas dan dapat menyimpan gambar dengan transparansi. Cuma dengan ukuran file lebih besar dari JPG, membuat PNG terbatas untuk ruang warna RGB.

4. GIF (Graphics Interchange Format)

GIF digunakan di zaman awal kemunculan internet karena kemampuannya untuk mengompres gambar menjadi ukuran file yang sangat kecil yang kemudian diambil alih oleh JPEG. Lebih tepat digunakan untuk gambar web, terutama spanduk dan meme animasi, GIF dapat membuat dengan cepat, bisa dianimasikan dan juga lossless. Ukuran filenya yang kecil membuat GIF dapat menyimpan gambar dengan transparansi. Namun palet warna GIF terbatas dengan maksimal 256, tidak dapat mendukung CMYK.

5. RAW (Raw Image Formats)

Kamera digital menawarkan opsi format RAW sebagai alternatif terdekat dengan kualitas film. RAW tidak dikompresi dan tidak tersentuh oleh kamera, yang berarti kehilangan informasi menjadi lebih minimal. Setiap merek kamera memiliki versi RAW mereka sendiri seperti CR2, NEF, DNG dan semuanya serupa, meskipun menggunakan ekstensi file yang berbeda. Umum digunakan untuk fotografi profesional, di mana sangat bagus untuk pengeditan foto karena menyimpan semua informasi dengan kualitas tinggi. Hanya saja ukuran file besar dan tidak kompatibel dengan semua perangkat lunak pengedit foto, sehingga mungkin perlu dikonversi terlebih dahulu.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?