Belajar Mengenal Jenis-jenis Kabel

Jenis-jenis kabel listrik dan spesifikasinya penting untuk dipelajari. Hal ini karena listrik adalah sudah menjadi kebutuhan bagi manusia. Semua butuh listrik untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

berikut jenis jenis kabel instalasi listrik :

Kabel NYY

Kabel NYY merupakan salah satu jenis kabel listrik yang terbuat dari kabel tembaga. Isolasi dari kabel ini berbahan PVC. Untuk ukuran isolasi selubung luar adalah kisaran 0,6 kv – 1 kv.

Spesifikasi Kabel NYY mencakup beberapa hal di bawah ini:

  • Pertama adalah N yang mencakup Kabel inti tembaga.
  • Kedua Y yang mencakup Isolasi PVC.
  • Ketiga Y yang mencakup Selubung luar isolasi PVC.

Kabel jenis NYY memiliki fungsi dalam hal instalasi tertanam. Dalam instalasinya bisa tunggal, 2 hingga mencapai 4 inti. Untuk bagian selubung luar dan isolasi berbahan PVC.

Fungsi kabel berbahan PVC ini sangat aman dari serangan tikus. Meskipun, kabel ini tertanam di jenis tanah apapun. Dalam pembangunannya biasanya sering difungsikan dalam instalasi kabel listrik bawah tanah dan pada tembok Gedung.

Kabel NYM

Kabel NYM bisa dikatakan tergolong dalam tipe kabel jenis tembaga. Untuk bahan isolasi terbuat dari bahan PVC. Ukuran kabel listrik jenis NYM ini untuk isolasi bagian luarnya kisaran 300v – 500v.

Spesifikasi Kabel NYM mencakup beberapa hal di bawah ini:

  • N mencakup kabel inti tembaga.
  • Y mencakup Isolasi PVC.
  • M mencakup Isolasi kabel lebih dari satu.

Fungsi kabel jenis NYM adalah untuk instalasi pada kabel jaringan kelistrikan rumah, sistem tenaga dan Gedung. Terdiri dari 2 – 4 inti dan memiliki bahan isolasi PVC dua lapis. Dengan begitu, kabel jenis NYM tingkat keamanannya lebih tinggi.

Keuntungan menggunakan kabel NYM adalah bisa diaplikasikan pada tempat basah dan kering. Jenis kabel ini tidak cocok jika diterapkan pada instalasi kelistrikan bawah tanah. Alasannya, kabel NYM merupakan diantara jenis jenis kabel instalasi listrik untuk rumah dan untuk pemasangan luar bukan untuk lainnya.

Kabel NYA

Jenis kabel NYA ini masih sama dengan dua jenis kabel yang sudah dijelaskan di atas yaitu berbahan tembaga. Hanya saja berbeda pada ukuran isolasinya yang berkisar 450v – 750v. Ukuran kabel cukup tebal yaitu 1,5 mm2 – 2,5 mm2.

Spesifikasi untuk jenis kabel NYA yaitu bisa simak di bawah ini:

  • N adalah kabel inti tembaga
  • Y adalah PVC
  • A adalah kabel tunggal

Kode warna kabel listrik jenis kabel NYA ada hitam, biru, kuning dan merah. Jika Anda bingung mencari kabel lampu dan macam macam kabel yang cocok untuk instalasi di rumah, maka kabel NYA adalah pilihannya. Jenis kabel ini juga rentan rusak akibat gesekan yang terlalu sering dan keras. Anda juga harus menghindarkan dari air. Hal yang perlu diingat juga, kabel ini bukanlah jenis kabel untuk ditanam.

Kabel AAAC

Untuk kabel AAAC ini terbuat dari bahan silikon-aluminium-magnesium yang tergolong dalam logam campuran. Konstruksi kabel AAAC cukup kuat dan anti karat. Kabel AAAC sangat direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan pemasangan kabel Anda bertahan lama.

Fungsi dari kabel ini sering digunakan dalam upaya menangkal petir. Dengan memasang kabel AAAC, maka bisa sebagai penghantar penangkal petir dari atas ke tanah.

Kabel ACSR

Jenis kabel ACSR sering sebenarnya adalah sebuah singkatan yang memiliki kepanjangan Aluminium Conductor Steel-Reinforced. Konstruksi dari jenis kabel ini adalah kawat penghantar yang terbuat dari bahan alumunium.

Untuk bahan kabel ACSR juga diperkuat dengan inti kawat baja dan bisa untuk mendinginkan inti dari kabel karena tidak adanya isolator pada kabel.

Kabel ACSR merupakan jenis kabel listrik PLN. Jadi, sangat mampu untuk menerima tegangan yang ekstra tinggi.

Kabel Bare Core atau BC

Sebutan untuk kabel Bare Core sering dikenal dengan nama kabel polos. Fungsi kabel ini adalah untuk konduktor saja.

Kabel Bare Core sendiri memiliki dua jenis jika dilihat dari bahan pembuatannya yaitu:

Kabel BC Aluminium. Sering sekali disebut dengan All Aluminium Conductor (AAC). Contoh jenis kabel ini ada kabel ACAR dan AAAC.
Kabel BC Tembaga. Sering juga disebut dengan Bare Copper Conductor (BCC). Contoh untuk kabel dari bahan tembaga in adalah BBC-Hard.

Kabel ACAR

Jenis kabel jaringan PLN lainnya adalah kabel ACAR. Kabel ACAR sendiri juga merupakan singkatan dengan kepanjangan Aluminium Conductor Alloy Reinforced.

Sebagai salah satu jenis kabel listrik outdoor dan sering digunakan untuk penghantar listrik oleh perusahaan listrik PLN, ACAR ini juga memiliki kekuatan yang lebih dibanding kabel Bare Core.

Hal ini dikarenakan untuk bahannya sendiri dari campuran logam dan aluminium. Sehingga selain jadi distribusi listrik oleh PLN, juga untuk transmisi listrik juga.

Dhuo Creative menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?