Perangkat keras komputer adalah komponen fisik yang digunakan untuk menjalankan perintah dalam komputer. perangkat keras merupakan komponen pada komputer yang bisa dilihat, disentuh dan diraba.

1. CPU Atau Prosesor

merupakan pusat pengendali dan pemprosesan pada sebuah komputer. prosesor memiliki peran mengatur semua perintah program dan aktivitas yang ada pada komputer. oleh sebab itu prosesor sering disebut otak komputer.

2. Motherboard

Motherboard merupakan rumah bagi komponen-komponen komputer lainnya seperti prosesor dan RAM. Dengan adanya motherboard ini semua perangkat dalam komputer dapat saling terhubung dan bekerja sama agar berjalan lancar.

3. RAM

RAM( Random Access Memory ) adalah peramgkat keras pengolahan data yang bertugas untuk menyimpan semua intruksi dari prosesor.

4. Hard Disk

Hard disk adalah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi sebagai media penyimpanan sekunder.

5. Monitor

monitor adalah perangkat keras yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data dalam bentuk grafis. jenis monitor yang banyak digunakan yaitu Liquid Crystal Display (LCD).

6. Optical drive

optical drive adalah piringan optik yang berfungsi untuk menulis dan membaca data dari kepingan DVD/CD.

7. Sound Card

Sound card berfungsi mengelola data suara atau audio pada komputer. Sound card menjadi piranti wajib sebagai pendukung performa komputer.

8. Keyboard

Keyboard adalah papan ketik yang tergolong perangkat keras masukan. keyboard terdiri dari deretan huruf, angka serta simbol dan tombol dengan perintah-perintah tertentu.

9. Printer

printer adalah perangkat keras yang berfungi untuk mencetak data yang awal nya berupa softcopy menjadi hardcopy. printer bisa mencetak berupa teks maupun gambar.

10. Speaker

speaker adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mendengaran audio atau suara. speaker berfungsi dengan baik jika didukung oleh sound card.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?