Indexing adalah salah satu bagian penting dalam search engine. Indexing kerja berdampingan dengan crawling dan ranking. Disini kita akan membahas mengenai pengertian indexing dan cara kerjanya.

Pengertian Indexing

indexing adalah proses penyimpanan dan pengaturan konten yang ditemukan search engine selama proses crawling. Indexing juga dapat disebut juga sebagai proses ketika search engine mengatur informasi sebelum adanya pencarian. Indexing atau web indexing merupakan salah satu bagian dari kinerja search engine. Secara garis besar, kerja sebuah search engine terdiri atas tiga tahap, yakni crawling, indexing, dan ranking.

Cara Kerja Indexing

Cara kerja indexing dimulai dengan proses analisis konten. Search engine akan menganalisis keyword yang ada di dalam sebuah website dan memastikan bahwa keyword tersebut memang relevan dengan isi konten. Kemudian, web crawler dan web spider mengunjungi berbagai halaman di sebuah website dan mengumpulkan informasi di dalamnya. Hasil temuan dari web crawler itulah yang kemudian menjadi sebuah indeks, seperti dikutip dari AddSearch. Ketika kita akan melakukan pencarian dengan sebuah keyword, search engine maka akan menampilkan semua hasil yang terdapat di dalam indeks mereka. Kita tidak perlu bingung membedakan antara indexing dengan ranking.

Indexing atau indeks adalah sesuatu yang bersifat statis. Isi dari indeks search engine tidak akan berubah. Sedangkan, ranking adalah sesuatu yang dinamis.

Cara Index Google

  • Memanfaatkan Google Search Console
  • Membuat konten
  • Perbanyak internal link
  • Mendapatkan backlink
  • Membuat sitemap
X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?