API adalah singkatan dari antarmuka pemrograman aplikasi (Application Programming Interface). API memungkinkan produk atau layanan Anda berkomunikasi dengan produk dan layanan lain tanpa harus tahu bagaimana penerapannya.


Mengenal Apa Itu API (Application Programming Interface)

API adalah antarmuka komputasi yang mendefinisikan interaksi antara beberapa perantara perangkat lunak. API juga menyediakan mekanisme ekstensi sehingga pengguna dapat memperluas fungsionalitas yang ada dengan berbagai cara dan ke berbagai tingkatan.

API dapat sepenuhnya berfungsi secara khusus, terutama untuk komponen, atau dapat dirancang berdasarkan standar industri untuk memastikan interoperabilitas.

Fungsi API bagi Para Developer

 Berikut ini beberapa fungsi API yang umum bagi setiap pengembang yang menggunakannya :

  • Jika kamu ingin menyematkan peramban web untuk menampilkan satu atau beberapa laman web, kamu tidak harus memprogram peramban web sendiri. Kamu dapat menggunakan WKWebView API untuk menyematkan objek browser WebKit (Safari) di aplikasi.
  • Jika kamu ingin mengambil foto atau video dari kamera iPhone, kamu tidak perlu menulis antarmuka kamera sendiri. Menggunakan API kamera untuk menanamkan kamera bawaan iPhone di aplikasi mu.
     

Cara Kerja API Untuk Komunikasi Antar Layanan

Jika kamu pernah melihat objek Google Maps tertanam di situs web, situs web itu menggunakan Google Maps API untuk dapat menyematkan peta itu. Google memaparkan API seperti ini kepada pengembang web yang kemudian dapat menggunakan API untuk menjatuhkan objek kompleks langsung di situs web mereka. Jika API seperti ini tidak ada, pengembang mungkin harus membuat peta sendiri dan memberikan data peta sendiri hanya untuk meletakkan sedikit peta interaktif di situs web.

Google dapat mengontrol akses ke Google Maps di situs web pihak ketiga, memastikan mereka menggunakannya secara konsisten daripada mencoba menyematkan bingkai yang menampilkan situs web Google Maps secara acak, misalnya. Cara ini juga berlaku untuk berbagai layanan online. Bermacam API seperti untuk meminta terjemahan teks dari Google Translate, atau menyematkan komentar atau tweet dari Twitter di situs web.

Contoh Penggunaan API 

Beberapa contoh API yang menonjol termasuk :

Google API

Yaitu API yang memungkinkan kamu untuk menghubungkan kode ke seluruh jajaran layanan Google, dari Maps ke Translate. API sangat penting bagi Google sehingga mereka mengakuisisi Apigee, platform manajemen API terkemuka.

API Facebook

Merupakan API yang memungkinkan kamu mengakses secara terprogram grafik sosial dan alat pemasaran Facebook. Facebook sendiri telah membatasi data pengguna apa saja yang dapat kamu akses melalui API ini di jalan keluar dari Cambridge Analytica dan skandal lainnya.

Demikianlah artikel mengenai Application Programming Interface, semoga dapat membantu kamu yang ingin mengetahuinya lebih dalam lagi. Terlepas dari itu, Dhuo Creative juga menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/.

Terimakasih.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?