cPanel ini sangat familiar bagi pengelola website yang menggunakan sistem operasi Linux. Untuk mengetahui lebih dalam lagi, mari simak isi artikel berikut ini.

Apa itu cPanel?

cPanel adalah panel kontrol yang digunakan untuk melakukan pengaturan sesuai kebutuhan pada layanan web hosting. cPanel sendiri juga seperti kebanyakan panel kontrol lain yakni memiliki database, manajemen file, domain, softwaresecurity, dan juga konfigurasi lainnya.

Kelebihan cPanel

Pengguna dari cPanel merasakan banyak keuntungan, karena panel kontrol satu ini memiliki sejumlah kelebihan sebagai berikut:

1. Mudah untuk Dipelajari

cPanel masuk ke dalam kategori panel kontrol, karena memang mudah untuk dipelajari. Tersedia beberapa fitur yang cukup bermain dengan kursor maka akan memberikan kemudahan dalam mengatur web hosting.

2. Mudah untuk Digunakan

cPanel adalah salah satu panel kontrol berbasis Linux maka dipastikan sangat menarik untuk menggunakannya. Selain mudah untuk dipelajari karena tampilan interface yang simpel dan menarik. Panel kontrol satu ini juga mudah untuk digunakan.

3. Menghemat Waktu dan Juga Biaya

cPanel juga gratis, menggunakannya tidak hanya membantu menghemat waktu karena mudah untuk digunakan. Akan tetapi juga membantu menghemat biaya, sebab sifat cPanel gratis sehingga memungkinkan siapa saja untuk menggunakannya.

4. Memberikan Software Auto Installer

Dengan menggunakan cPanel kamu akan merasakan kemudahan berkat sifatnya yang menghadirkan software auto installer. Sehingga tidak perlu bersusah payah untuk menginstal beberapa fitur yang dibutuhkan dalam pengaturan web hosting.

Kekurangan cPanel

Meskipun cPanel adalah panel kontrol yang memiliki banyak kelebihan, namun sebelum menggunakannya pertimbangkan dulu beberapa kekurangannya.

1. Performa cPanel Tergolong Lambat

Fitur yang terlalu banyak tak pelak membuat performa cPanel lebih lambat, misalnya saja jika dibandingkan dengan Plesk.

2. Pengaturan Bisa Berubah Otomatis

Meskipun cPanel juga mudah untuk digunakan, ternyata banyak pengguna yang sering kecolongan karena beberapa pengaturan berubah mendadak. Sehingga pengelola web perlu memeriksa pengaturan secara berkala.

3. Beberapa Menjalankan Software yang Tidak Diupgrade

cPanel punya kelemahan di sektor ini karena beberapa hosting menjalankan software tanpa upgrade. Sehingga lebih rentan terkena serangan virus yang tentu berbahaya bagi keamanan data di database website.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian, kelebihan dan kekurangan dari cPanel, Terlepas dari itu Dhuo Creative juga menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?