Pengertian modem

Sebagian besar dari kita tentu sudah mengetahui jikalau modem adalah singkatan dari modulator demodulator. Modulator adalah rangkaian yang berfungsi untuk menumpangkan data ke sinyal informasi agar bisa dikirim ke sang penerima. Sedangkan demodulator yaitu proses mendapatkan kembali data dari sinyal si pengirim.

Fungsi modem

Banyak dari kita tidak mengetahui apa itu fungsi modem. Fungsi modem adalah mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, begitu juga sebaliknya.Perlu diketahui juga, untuk tersambung ke internet, modem harus melakukan pengubahan sinyal pada komputer.

Cara kerja modem

Data komputer yang berbentuk digital diubah oleh modem menjadi sinyal analog. Kemudian sinyal analog tersebut dikirimkan ke media telekomunikasi. Saat datanya sudah sampai ke komputer yang kita tuju, maka modem dalam komputer tersebut akan mengubahnya menjadi sinyal digital dan segera di proses.

Begitu juga cara kerja modem saat kita mengunduh data/file. Data tersebut sebelumnya merupakan data analog saat berada pada kabel telepon, namun saat masuk ke komputer, modem secara otomatis akan mengubahnya menjadi bentuk digital agar bisa diproses lebih lanjut dan ditampilkan.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?