Bandwidth adalah jumlah maksimum data yang ditransmisikan melalui koneksi internet dalam jumlah waktu tertentu. Bandwidth juga sering disalah artikan sebagai kecepatan internet padahal sebenarnya adalah volume informasi yang dapat dikirim melalui koneksi dalam jumlah waktu yang terukur, dihitung dalam megabit per detik.

Memahami Pengertian Bandwidth

Bandwidth adalah cara mengukur dengan menunjukkan kapasitas maksimum tautan komunikasi kabel atau nirkabel untuk mengirimkan data melalui koneksi jaringan dalam jumlah waktu tertentu. bandwidth juga dapat disebut sebagai kecepatan maksimum transfer data melintasi jalur tertentu. Selain juga dapat dicirikan sebagai bandwidth jaringan,bandwidth data, atau bandwidth digital.

Manfaat dari Bandwidth

berikut manfaat penggunaan dari bandwidth yang harus kamu ketahui.

  • Dengan kinerja aplikasi lebih cepat, maka pengguna tidak perlu lagi menunggu dan dapat menggunakan internet dengan cepat.
  • Bandwidth yang lebih tinggi meningkatkan pengalaman pengguna kita dengan memungkinkan mereka mengunggah dan/atau mengunduh konten, seperti foto dan video.
  • Bandwidth yang lebih tinggi memungkinkan pengguna kita mengunggah dan mengunduh data dalam jumlah besar ke situs web Anda.
  • Kecepatan transfer data lebih cepat karena manfaat interaktivitas situs web ditiadakan jika unggahan dan unduhan sangat lambat. Bandwidth yang lebih tinggi menghasilkan kecepatan transfer yang jauh lebih cepat sehingga mengurangi frustasi dan kepuasan pelanggan yang lebih besar.
  • Semakin banyak lalu lintas situs web dapat menampung, semakin cepat akan tumbuh dan semakin besar keuntungan.
  • Bandwidth juga dapat membantu menghindari kompromi server baik itu kerusakan, kesalahan sinyal atau penolakan, sehingga menghasilkan pengalaman yang jauh lebih lancar bagi pengguna.
  • Memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak tugas dan memaksimalkan produktivitas mereka dengan menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.
  • Memungkinkan pengguna untuk fokus pada konten video kamu daripada gangguan yang mengganggu.

Istilah-Istilah dalam Bandwidth

Berikut beberapa istilah yang paling umum digunakan di bidang ini :

  • Paket data Unit data yang dibuat menjadi satu paket yang berjalan di sepanjang jalur jaringan. Ini adalah sejumlah kecil data yang dikirim melalui jaringan dan, seperti paket kehidupan nyata, berisi sumber dan tujuan, serta konten yang ditransfer.
  • Broadband adalah transmisi data bandwidth lebar yang mengangkut banyak sinyal dan jenis lalu lintas. Kerja broadband adalah dengan menyediakan akses internet berkecepatan tinggi melalui berbagai media seperti kabel koaksial, serat optik, radio, atau twisted pair.
  • ISP (Internet Service Provider) Merupakan singkatan dari Penyedia Layanan Internet atau Internet Service Provider, ISP biasanya mengacu pada perusahaan yang memberi Anda akses ke internet.
  • Latency adalah latency yang merupakan waktu yang dibutuhkan satu paket data untuk melakukan perjalanan dari sumbernya ke tujuannya, atau dengan kata lain, penundaan antara tindakan pengguna dan respons dari jaringan.

Dhuo Creative menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?