CONCEPT ART

Adalah salah satu bentuk Ilustrasi di mana tujuan utamanya adalah untuk menyampaikan representasi dari desain , ide atau mood untuk digunakan dalam film, video game, animasi atau buku komik sebelum dimasukkan dalam produksi akhir. Jadi sebelum kita bisa menikmati kerennya film Transformer misalnya, bagian produksi Concept Art telah menghasilkan artwork-artworknya sebagai referensi untuk alur produksi selanjutnya. Concept Art sering disebut juga sebagai ENTERTAINTMENT DESIGN.

Dalam prosesnya, concept Art dikembangkan dari berbagai iterasi. Berbagai solusi dieksplorasi sebelum menetapkan desain akhir. Concept Art tidak hanya digunakan untuk mengembangkan pekerjaan, tetapi juga untuk menunjukkan kemajuan proyek kepada director, klien dan investor. Setelah pengembangan karya selesai, Concept Art dapat dikerjakan ulang dan digunakan untuk materi iklan. Concept Art tidak sama dengan Visual Development Art atau Concept Design dan ketiganya mungkin sering membingungkan. Namun yang perlu diingat, dari ketiga profesi ini, Concept Artist memiliki fokus untuk menerjemahkan ide sebelum dilanjutkan oleh bagian lainnya.

Seorang CONCEPT ARTIST adalah seorang individu yang menghasilkan desain visual untuk item, karakter, atau setting area yang belum ada. Ini termasuk, namun tidak terbatas pada, produksi video game produksi film, produksi animasi dan terus berkembang luas di era digital ini. CONCEPT ARTIST dituntut sebuah komitmen tinggi dalam perannya di dalam bagian produksi besar.

Dalam beberapa tahun terakhir CONCEPT ART telah melibatkan penggunaan teknologi digital. Perangkat lunak, seperti Photoshop dan Corel Painter tersedia dengan mudah, serta perangkat keras seperti tablet grafis, memungkinkan metode kerja yang lebih efisien.

Tema yang paling banyak digunakan dalam CONCEPT ART adalah sains fiksi dan fantasi. CONCEPT ART awalnya menjadi media utama dalam desain poster film sejak awal Hollywood, namun, karena naiknya CONCEPT ART yang digunakan dalam produksi video game, CONCEPT ART telah diperluas untuk mencakup genre dari sepak bola ke Mafia dll.

Skill yang dibutuhkan oleh seorang Concept Artist

Dengan produksi yang ketat dan cakupan yang luas, seorang Concept Artist harus mampu menuangkan ide-ide kreatif yang didukung skill fundamental. Seorang Concept Artist wajib menguasai skill berikut ini:

  •  Drawing and Painting
  • Anatomy
  •  Perspective
  •  Composition
  •  Light and Color
  •  Storytelling
  •  Character Design
  • Environmental Design

Seorang Concept Artist yang baik harus menonjol dalam mengerjakan proses produksi yang berulang. Concept Art adalah sebuah proses berkelanjutan yang selalu melibatkan klien, director dan produser. Concept Artist harus mampu membangun proyek yang berkelanjutan dibandingkan berkomitmen hanya dalam sebuah artwork. Sebuah tantangan yang menarik.

bagi kamu yag memang ingin belajar tentang desain lebih lagi kamu dapat  dapat mengikuti kelas desain di https://web.dhuocreative.com/ DhuoCreative menyediakan berbagai kelas desain dan komputer yang membantu mengembangkan dirimu, kamu bisa langsung kunjungi wesite diatas dan mengikuti kelas yang tersedia. Atau bagi kamu yang mungkin membutuhkan tenaga profesional untuk membangun usahamu dibidang website kamu dapat menemukannya langsung di https://dcsoftweb.com/blog/#produkUnggulan

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?