Protokol adalah bagian yang penting dalam proses pertukaran informasi antar komputer yang mengatur proses pertukaran data antar komputer. Teknologi protokol jaringan ini dapat diterapkan pada perangkat lunak, perangkat keras atau kombinasi dari keduanya. 

Apa Itu Protokol Jaringan?

Protokol pada jaringan komputer bisa dimaknai sebagai suatu pengaturan yang sengaja dibuat untuk mengatur arah komunikasi online dari berbagai perangkat komputer pada suatu jaringan.

Salah satu keistimewaan protokol pada jaringan komputer adalah memungkinkan penerima maupun pengirim pesan terhubung dengan mudah pada satu media yang sama untuk saling bertukar informasi. Sehingga informasi yang diolah dan dikelola bisa diserahkan dan diterima dengan lancar.

Fungsi Protokol Jaringan

Secara umum fungsi protokol adalah untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima agar bisa berkomunikasi. Secara lebih khusus, berikut ini adalah beberapa fungsi dari protokol:

1. Addressing

Header IP paket mengandung alamat yang memberikan identifikasi ke komputer pengirim dan penerima. Router menggunakan informasi ini untuk menuntun setiap paket melewati network komunikasi dan menghubungkan antara komputer pengirim dan penerima.

2. Reassembly

Kegunana internet protokol adalah memastikan pesan dipecah menjadi paket. Hal ini dikarenakan sebagian besar pesan terlalu besar untuk dimasukan ke dalam satu paket, dan karena paket tidak dikirimkan dalam urutan yang benar. Paket harus tersusun ulang saat tiba di penerima.

3. Timeouts

Setiap IP paket mengandung self-destructive counter yang membatasi umur dari paket. Jika paket sudah kadaluarsa, paket dihancurkan sehingga jaringan internet tidak mengalami overloaded dengan paket yang rusak.

4. Options

IP terdapat fitur tambahan yang mengizinkan komputer pengirim untuk memutuskan paket bagian mana yang didapatkan komputer penerima. Untuk menemukan bagian yang diambil maka perlu ditambahkan keamanan pada paket.

Jenis Protokol Jaringan

Berikut adalah beberapa jenis-jenis dari protokol jaringan:

1.TCP/IP

Transmission Control Protocol merupakan standarisasi sistem pengelolaan data untuk dibarter dari satu perangkat komputer dengan beberapa perangkat komputer lainnya. TCP punya banyak keunikan terutama prinsip kerjanya yang sistematis.

2. UDP

UDP terkenal sebagai protokol yang tidak berarutan. Saat kamu berencana untuk mengirimkan pesan, pesan yang diterima oleh perangkat komputer adalah pesan acak.

3. Ethernet

Cara kerja Ethernet sangat unik, sistem yang digunakan adalah CSMA/CD. Keberadaan sistem ini sangat penting karena bertindak sebagai penerima insturksi. Instruksi yang dikelola dan ditransmisikan dari kabel hingga pada akhirnya pesan dikirimkan dan sampai ke tujuan.

4. HTTP

Hypertext Transfer Protocol merupakan salah satu kebijakan komputerisasi yang dibuat dan dikembangkan oleh WWW. Bisa dibilang HTTP hadir dan digunakan sebagai pengganti WWW yang sebelumnya menjadi pusat alamat dari berbagai website.

5. FTP

FTP pada prinsipnya bekerja untuk mengirimkan data. Ketika Anda download atau upload file, FTP yang bekerja secara penuh untuk mensukseskan dua kegiatan tersebut.

Demikianlah artikel mengenai pengertian, jenis, hingga fungsi dari protokol jaringan. Terlepas dari itu Dhuo Creative juga menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?