Perkembangan dunia digital saat ini membawa banyak perubahan bagi manusia adanya media sosial dan berbagai platform digital lainnya menciptakan kebiasaan” baru, berbagai inovasi dan peluang baru muncul bagi manusia.

salah satunya adalah industri kreatif, lalu apa itu industri kreatif dan apa hubungannya dengan design graphic? simak penjelasan dibawah

Industri kreatif sendiri adalah proses penciptaan, kreativitas, dan ide dari seseorang atau sekelompok orang yang dapat menghasilkan sebuah karya, tanpa mengeksploitasi sumber daya alam, serta dapat dijadikan produk ekonomi yang menghasilkan. 

Kreatifitas yang dihasilkan harus dapat membuka lapangan pekerjaan yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, industri ini harus dikembangkan, sebagai salah satu penopang perekonomian Indonesia. Mengingat semakin menipisnya sumber daya alam. 

Tak hanya industrinya sendiri, semua hal yang memiliki potensi untuk memiliki kekayaan intelektual juga masuk ke dalamnya.

untuk lebih lengkapnya ada 3 jenis industri kreatif yakni

1. Core creative industry Core crative industry adalah industri kreatif yang penciptaan nilai tambah utamanya adalah dengan memanfaatkan kreativitas orang kreatif. Core creative industry membutuhkan input berupa output dari industri lainnya.

2. Backward linkage creative industry Backward creative industry adalah industri yang menjadi input bagi core creative industry.

3. Forward creative industry Forward linkage creative industry adalah output dari core crative industry yang menjadi input bagi industri lainnya.

lalu apa hubungannya dengan design graphic

bedasarkan pengertian industri kretif,Design Grapihc menjadi bagain dari industri kreatif karna design graphicadalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) untuk menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu media dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesanAtau dengan kata lain Desain grafis adalah sebuah proses kreatif yang mengkombinasikan seni dan teknologi untuk mengkomunikasikan ide-ide . dengan alat utama adalah gambar dan tipografi . Artinya design graphic merupakan hasil dari kreativitas, dan ide dari seseorang atau sekelompok.

Indonesia sendiri memiliki 14 jenis industri yang bisa dikategorikan sebagai kreatifitas yang dihasilkan untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, Indonesia menjadi salah satu pilihan negara yang berpotensi untuk menumbuhkan industri tersebut, jenis-jenisnya antara lain :

  • Arsitektur 
  • Periklanan 
  • Film /Fotografi /video 
  • Musik 
  • Penerbitan 
  • Pasar seni dan budaya 
  • Kerajinan 
  • Fashion 
  • Desain 
  • Permainan Interaktif 
  • Web Desain 
  • Seni Pertunjukan 
  • Penerbitan dan Percetakan 
  • Riset dan Pengembangan 

Keempat belas jenis industri tersebut, termasuk kategori kreatif. Hal tersebut dikarenakan, tumbuhnya Industri ini karena kreatifitas dan ide yang dihasilkannya. Seseorang bisa menghasilkan ide yang menjadi karya yang bisa menghasilkan uang. 

Industri kreatif yang menghasilkan sebuah karya, namun memiliki nilai ekonomi yang tinggi, dengan mengasah kreatifitas dari para pelaku bisnisnya yaitu menitikberatkan pada sektor perfilman, fashion, percetakan buku, majalah, fotografi, dan yang saat ini sedang trending, yaitu menjadi seorang youtuber dan selebgram. 

Semakin tumbuhnya Industri kreatif di Indonesia, semakin menunjukan bahwa ekonomi Indonesia pun mampu berinovasi dan bersaing dengan negara lainnya. Hal tersebut juga menunjukan bahwa perekonomian di Indonesia selangkah lebih maju.

Perkembangan global turut pula berpengaruh pada perekonomian. Kreatifitas sangat dibutuhkan di era globalisasi, seperti saat ini. Hal tersebut dikarenakan persaingan yang semakin meningkat dan ketat di antara para pelaku ekonomi. 

Industri kreatif menjadi pembeda dari banyaknya produk yang sejenis yang terdapat di dunia bisnis. Pasalnya, produk yang dihasilkannya merupakan hasil dari kreatifitas yang melahirkan keunikan, serta inovasi produk, dimana bisa menjadi pelopor 

Tumbuhnya inovasi dan kreatifitas yang banyak diciptakan dari industri ini,menjadikan industri ini patut diberi perhatian khusus oleh pemerintah. Pemerintah harus senantiasa memberikan bantuan permodalan agar industri ini terus tumbuh. 

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?