AJAX atau (Asynchronous JavaScript and XML) adalah sesuatu yang memungkinkan kita untuk mengambil konten dari server back-end secara tidak sinkron, tanpa perlu merefresh halaman. Dengan menggunakan Ajax, maka memungkinkan kita sebagai penggunanya untuk memperbarui konten halaman web tanpa memuat ulang atau reload.

Apa Itu AJAX?

AJAX adalah skrip sisi klien yang berkomunikasi ke dan dari server atau database tanpa perlu postback atau refresh halaman lengkap.

AJAX juga dapat disebut sebagai metode pertukaran data dengan server dan memperbarui bagian-bagian halaman web tanpa memuat ulang seluruh halaman. AJAX merupakan teknologi browser web yang tidak tergantung pada perangkat lunak server web. 

Contoh Penggunaan AJAX

Contoh dari penggunaan AJAX, misalnya kita ingin membuat halaman yang menampilkan informasi profil pengguna dengan berbagai bagian seperti informasi pribadi, informasi latar sosial, pemberitahuan, pesan, dan sebagainya.

Di sisi lain, kita juga bisa menggunakan AJAX untuk membangun interface yang memuat semua informasi tanpa perlu refresh halaman.

Dalam hal ini, kita dapat menampilkan tab yang berbeda untuk semua bagian, dan dengan mengklik/menekan tab itu mengambil konten yang sesuai dari server back-end dan memperbarui halaman tanpa menyegarkan browser.

Fungsi AJAX

Berikut adalah fungsi dari AJAX:

1. Callbacks

Dengan hanya mengirimkan data yang diperlukan, pemrosesan terbatas di server menyebabkan prosesnya cukup cepat tanpa harus mengubah tampilan halaman.

2. Membuat Asynchronous Calls

Asynchronous Calls adalah panggilan asinkron ke server web sehingga peramban klien tak perlu menunggu semua data.

3. Meningkatkan Kecepatan

Tujuan utama penggunaan AJAX adalah untuk meningkatkan kinerja dan kecepatan aplikasi web. Contoh sederhananya, fitur peringkat film di Netflix.

Dhuo Creative menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?