Pengertian Debian

Debian adalah sistem operasi yang menggunakan Linux sebagai basisnya. Sistem operasi yang satu ini memiliki keunikan pada nama kodenya yang diambil dari karakter di film Toy Story seperti Buzz, Rex, Bo, dan lain-lain. Selain memberikan sebuah sistem operasi untuk perangkat pengguna, Debian juga menyediakan ribuan software gratis. Software tersebut terdapat dalam repositori dan dapat diinstall ketika dibutuhkan.

Perintah Dasar Linux Debian

Perintah dasar dijalankan melalui sebuah Terminal, layaknya command prompt milik Windows.

1.su

Perintah su digunakan untuk masuk ke akses root atau menjadi super user. Setelah memasukkan perintah “su”, pengguna akan diminta untuk mengetik password sebagai autentikasi.

2.cd

Command “cd” digunakan untuk berpindah direktori atau folder. Perintah ini dapat digunakan setelah pengguna masuk ke sistem root dengan perintah pertama tadi. Di terminal, “cd” harus diikuti dengan nama folder tujuan.

3.ls

Is biasanya digunakan untuk melihat isi atau daftar file. Untuk itu, digunakanlah perintah “ls”. Sama seperti “cd”, penulisan “ls” juga harus diikuti dengan nama folder tujuan.

4.cp

Perintah ini digunakan untuk menyalin atau copy file dari satu folder ke folder lainnya.

5.mv

Selain memindahkan file dan melakukan fungsi “cut”, “mv” juga dapat dipakai untuk mengubah nama file yang sudah ada.

6.mkdir

Fungsinya yaitu membuat sebuah folder baru.

7.rmdir

“rmdir” memiliki fungsi untuk menghapus folder kosong. Jika terdapat file di dalamnya, folder tidak akan terhapus jika Anda menggunakan perintah “rmdir”.

8.rm -r

Digunakan untuk menghapus semua folder, baik yang ada isinya maupun tidak, gunakan perintah “rm -r”. Penulisan perintah ini harus diikuti dengan nama direktori atau folder yang menjadi target.

9.ip address

Untuk mengetahui daftar jaringan serta alamat IP di komputer, Anda dapat mengetik perintah “ip address” kemudian tekan enter. Sesaat kemudian Anda dapat melihat hasilnya.

10.exit

Jika kita ingin keluar dari pengguna aktif di terminal, maka digunakanlah perintah “exit”.

X