Pengertian NVMe

NVMe adalah protokol penyimpanan berkinerja tinggi, NUMA (Non Uniform Memory Access) yang dioptimalkan, dan sangat scalable, yang menghubungkan host ke subsistem memori. NVMe memberikan pengaruh yang besar pada bisnis dan apa yang dapat mereka lakukan dengan data, terutama Fast Data untuk real time analytic dan teknologi yang sedang berkembang.

Fungsi NVMe untuk Data Storage

 Berikut beberapa fungsi NVMe :

1. NVMe Memiliki Kecepatan Transfer Data

Teknologi PLCe memungkinkan Non-Volatile Memory Express atau NVMe untuk memiliki kecepatan tinggi dalam transfer data.

2. NVMe Mampu Memproses Jumlah Command yang Lebih Banyak

Peningkatan drastis dari NVMe tersebut sangat cocok untuk hardisk yang harus memutar piringannya untuk mencari data. Selain itu, speed upgrade ini tentunya juga dapat mengoptimalkan perintah antrian dan membuat performa laptop kamu menjadi lebih baik.

3. NVMe Memiliki Sistem Manajemen Antrian yang Baik

Selain dapat menampung jumlah command yang optimal, NVME juga mampu mengelola banyaknya antrian tersebut dengan baik. Bahkan, teknologi ini bisa menerima beberapa perintah dari inti prosessor serta melakukan pemrioritasan permintaan.

4. NVMe Memiliki Serial Bus Lebih Cepat

NVMe memiliki serial bus yang lebih cepat dibandingkan SSD biasa. Ia mampu menembus speed tinggi hingga mencapai 3500 MB per second dengan menggunakan konektor M.2 PCle x 4.
Kecepatan tersebut tentunya menjadi sebuah solusi yang lebih baik atas problem limitasi speed yang dimiliki oleh SSD seri-seri sebelumnya.

5. NVMe Memiliki Harga yang Sesuai dengan Kualitasnya

NVME memiliki harga cukup sesuai dengan kualitas yang akan Anda peroleh. Teknologi ini biasa dijual di pasaran mulai dari Rp. 600.000 hingga Rp. 2.000.000, tergantung merk dan kapasitasnya.
Dengan harga tersebut, performa dari teknologi kamu akan memiliki kecepatan transfer yang lebih cepat dan mampu menampung banyak command.

6. NVMe Didukung Oleh Motherboard Baru

Motherboard terbaru saat ini sudah banyak yang mendukung format SSD NVMe melalui M.2. Bahkan, teknologi tersebut dapat diatur agar mampu berjalan pada mode RAID 0 guna memperoleh performa hingga 2 kali lipat.

Fitur- Fitur Unggulan NVMe

Berikut berbagi beberapa fitur NVMe yang harus kamu ketahui :

  1. Tidak memerlukan driver perangkat (khusus)
  2. Mendukung I / O Multipath, Namespaces, dan SR-IOV
  3. Multi-stream yang mengurangi penumpukan data sampah
  4. Mendukung pengambilan event Asinkron (SMART & Firmware Image Load) yang membantu membersihkan, melaporkan error dan lain- lain
  5. Mendukung boot partition
  6. Mendukung manajemen Power dan Thermal

Demikianlah penjelasan mengenai NVMe, terlepas dari itu Dhuo Creative juga menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?