Jaringan ini biasanya menghubungkan berbagai lokasi dalam satu kota, misal perkantoran, kampus, pemerintahan dan sebagainya. Jaringan MAN merupakan gabungan jaringan LAN yang hanya bisa menghubungkan satu gedung saja.

Pengertian MAN

MAN merupakan jaringan yang mampu menghubungkan antar kantor dalam satu kota ataupun pabrik dengan satu kantor pusat sebagai pusatnya. Jaringan MAN hanya memiliki satu hingga dua kabel saja.

Fungsi MAN

Fungsi utama MAN adalah menghubungkan komputer dan juga perangkat lain sehingga bisa melakukan komunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan MAN bisa meliputi banyak wilayah sehingga memiliki cakupan koneksi wilayah yang lebih luas. 

MAN mempunyai beberapa karakteristik, berikut karakteristiknya:

  1. MAN mencangkup area antara 5 hingga 50 KM. Bahkan MAN juga bisa mencangkup beberapa area perkotaan.
  2. Jaringan MAN termasuk peralatan penghubung hingga komunikasi linknya dimiliki salah satu konsorsium pengguna atau penyedia layanan jaringan yang diperjualbelikan kepada pengguna.
  3. MAN bertindak sebagai jaringan dengan kecepatan tinggi untuk sumber daya daerah.
  4. MAN mempunyai cakupan koneksi yang lebih besar dibanding LAN. Meskipun demikian, teknologi yang digunakan masih serupa dengan LAN.
  5. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel saja dan tidak mempunyai elemen switching untuk mengatur paket beberapa output. Karena memiliki elemen switching, tentu saja rancangan menjadi lebih sederhana dan mudah dilihat.

Contoh MAN

Berikut beberapa contoh dari jaringan MAN:

1. Jaringan bank

Jaringan bank merupakan contoh sederhana dari MAN yang ada di sekeliling kita. Dimana ada beberapa kantor cabang didalam kota yang dihubungkan satu dengan yang lainnya.

2. Perkantoran

Tentu kamu sudah paham jika ada beberapa perkantoran yang memiliki cabang di kota. Jaringan tersebut dihubungkan dengan MAN. Artinya, satu cabang kantor 

3. Jaringan internet antar gedung di kampus

Jaringan gedung didalam kampus juga menjadi contoh implementasi Metropolitan Area Network yang paling banyak kita temui. Contohnya adalah USUNETA yang merupakan logi untuk produk layanan Universitas Sumatera Utara.

Itulah, pembahasan singkat terkait Metropolitan Area Network (MAN), fungsi, kelebihan, dan contohnya. Jangan lupa bahwa dhuo creative tak hanya menyediakan materi tentang seputar komputer saja, Dhuo Creative juga menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/

Terimakasih.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?