Mixed Reality adalah sebuah teknologi yang memberikan pengalaman baru dalam dunia virtual dimana ia memiliki campuran konsep antara Augmented Reality dengan Virtual Reality.Meskipun sekilas mirip dengan AR, teknologi MR memiliki kemampuan yang jauh lebih canggih. Jika pada AR kamu hanya melihat objek virtual di dunia nyata, melalui MR, kamu dapat melakukan lebih banyak hal. 

Tampilan yang digunakan lebih interaktif dan bertujuan untuk menghadirkan pengalaman yang lebih kaya bagi para pengguna. Untuk merasakan pengalaman tersebut, kamu harus menggunakan perangkat khusus mirip dengan VR. Dijamin, kamu pasti ketagihan saat bermain MR game. 

Microsoft HoloLens dilengkapi dengan lensa high definition see through holographic yang membantu pengguna untuk melihat dan berinteraksi dengan holographic object hanya dengan menggunakan sentuhan. Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi pendeteksi suara untuk melakukan voice command dan dapat digunakan untuk berkomunikasi yang dibantu oleh aplikasi didalamnya. Alat ini juga mempermudah untuk proses pertukaran data secara real-time dengan menggunakan Power BI sebagai aplikasi untuk meninjau kinerja pengguna dari segi efisiensi waktu serta ketepatan kerja.

Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

1.Konstruksi

Mixed Reality mempermudah pekerja konstruksi untuk mendapatkan gambaran secara virtual dengan menempatkan sebuah model bangunan berbentuk 3D visual langsung di lapangan. Selain itu, pekerja dapat berkolaborasi untuk pertukaran data secara real-time dengan cepat dan mudah. Device Mixed Reality yang cukup tepat untuk medan berbahaya seperti ini adalah HoloLens yang sudah dilengkapi dengan safety helmet.

2.Pendidikan

Teknologi mixed reality digunakan di bidang pendidikan untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk belajar dan menerima informasi.

Alat peraga sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar. Namun, bagaimana jika proses belajar mengajar dibuat lebih menyenangkan dengan menggunakan Mixed Reality? Sumber mengatakan, metode belajar mengajar dengan menggunakan teknologi yang imersif diyakini dapat meningkatkan nilai di kelas sebanyak 22% dan meningkatkan daya tangkap sebesar 35%. Data tersebut membuktikan bahwa teknologi ini membantu kita untuk melakukan simulasi secara langsung terhadap alat peraga visual yang dihasilkan oleh teknologi ini.

3.Presentasi Virtual

Dalam dunia pekerjaan, kita pasti ingin sekali meningkatkan efisiensi serta mengurangi biaya berlebih untuk perjalanan ke lapangan atau tempat tertentu. Teknologi ini dapat mewujudkan hal tersebut dalam penggunaannya untuk presentasi atau meeting secara virtual dengan rekan kerja anda. Teknologi untuk berkolaborasi dan presentasi secara real-time membantu proses pitching kita lebih mudah dan terlihat lebih imersif.

4.Industri Hiburan

Dengan kemampuan untuk berkolaborasi dengan banyak orang, teknologi ini memberikan kemudahan untuk para pekerja industri hiburan untuk mengadakan acara secara virtual dengan menyajikan pertunjukan secara live tanpa harus keluar rumah.

Hanya dengan memainkan objek 3D Visual secara remote melalui HoloLens, kita bisa menyajikan pertunjukan yang menakjubkan tanpa harus mengadakan acara di luar rumah dengan banyak pengunjung, sehingga membantu untuk mengurangi penyebaran Covid-19 serta memberikan “wow effect” untuk para penonton.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?