Northbridge disebut juga dengan nama memory controller hub (MCH).Northbridge adalah bagian yang menghubungkan prosesor (CPU) ke sistem memori dan graphics controller (AGP dan PCI Express) melalui bus berkecepatan tinggi, dan ke southbridge.

Northbridge bertugas mengendalikan/ menangani komunikasi antara CPU, RAM, AGP atau PCI Express, dan southbridge. Bahkan pada sebagian chipset, di dalam northbridge juga berisi integrated video controller (pengendali video terintegrasi).

cara kerja Northbridge

Mengacu pada Pengertian Northbridge di atas Nothbridge yang juga disebut sebagai PAC (PCI/AGP Controller) dan nb, Northbridge adalah sirkuit terintegrasi yang bertanggung jawab untuk komunikasi antara antarmuka CPU, AGP, dan memori.

Berbeda dengan Southbridge, Northbridge terhubung langsung ke komponen-komponen ini dan bertindak seperti “jembatan” untuk chip Southbridge untuk berkomunikasi dengan CPU, RAM, dan pengontrol grafis. Saat ini, Northbridge adalah chip tunggal yang berada di utara bus PCI, namun, komputer awal mungkin memiliki hingga tiga chip terpisah yang membentuk Northbridge.

Dhuocreative menyediakan jasa serta pembelajaran khusus untuk komputer.untuk info lebih lanjut kli disinii -> www.dcsoftweb.com

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?