Pengertian Algoritma

Algoritma adalah instruksi yang ditujukan ke komputer agar dirinya bisa menyelesaikan tugas yang diberikan. dengan kata lain Algoritma itu berisi sekumpulan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.  Agar tugas tersebut bisa diselesaikan tanpa kesalahan, instruksinya pun ditulis secara spesifik. Mulai dari istilah yang dipakai sampai dengan langkah-langkahnya. Beberapa instruksi yang biasa dipakai adalah “IF” atau jika, “THEN” atau lalu, dan “ELSE” atau atau.

Fungsi Algoritma

 algoritma itu berfungsi untuk memudahkan kita melakukan sesuatu dan memecahkan masalah sehari-hari. Kalau ingin lebih jelas, berikut ini penjelasan fungsi algoritma yang sudah diterapkan sehari-hari.

  • Algoritma dapat memperkecil kesalahan atau error dalam pemrograman. Sebab, algoritma dapat menjalankan segala sesuatu secara otomatis sesuai rumus atau instruksi yang sudah ditentukan.
  • Algoritma juga membantu developer mencari kesalahan atau error dari program yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Algoritma membuat penulisan kode dalam sebuah program menjadi lebih efisien. Developer tidak perlu mengulang-ulang penulisan kode untuk program yang ingin dibuat.
  • Algoritma membantu sebuah program atau aplikasi menjadi lebih ringkas dan berukuran kecil. Sebab, aplikasi berjalan lewat proses otomatis algoritma. Bukan dari kode yang ditulis secara manual. 
  • Algoritma membantu pembuatan program yang lebih terstruktur dan logis.
X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?