Pengertian FTP

Apa itu FTP? FTP server adalah rancangan yang dipakai untuk membuat sambungan ke server internet tertentu, protocol pada FTP dipakai sebagai standar internet yang disusun oleh komite Internet Engineering Task Force (IETF), nantinya inilah yang dipakai sebagai serangkaian dokumen resmi RFC (Request for Comments), lantas apa fungsi dan kegunaan dari FTP ini?

Kegunaan FTP

  • FTP memiliki beberapa fungsi yang diandalkan banyak orang, salah satunya dipakai untuk mengunggah halaman web atau website ke dalam internet, proses pengunggahan halaman website ini dilakukan melalui web hosting. 
  • Melakukan proses upload halaman website ke internet melalui web server atau web hosting.
  • Mampu digunakan untuk menjelajah dan mengunduh file dari sebuah situs.
  • Mampu digunakan untuk mengirim file dengan ukuran besar, jika terlalu besar dapat dibagi menjadi dua partisi untuk lampiran di email.
  • Melakukan pengunduhan dan upload konten, misalnya seperti tugas kantor dan kuliah ke server FTP.
  • Melakukan pendistribusian revisi program, biasanya dilakukan oleh pengembang perangkat lunak.

Fungsi FTP

Beberapa fungsi yang dimiliki FTP adalah bisa didapatkan melalui FTP client berbentuk sebuah aplikasi yang banyak beredar di internet, FTP client adalah aplikasi yang salah satunya fungsinya bisa digunakan untuk melakukan remote FTP. Selain lengkap, aplikasi ini juga dapat digunakan dalam berbagai macam sistem operasi.

Sesuai dengan namanya FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol dengan fungsi FTP Client yang bisa digunakan dalam sistem operasi seperti Linux dan Windows, banyak sekali contoh aplikasi yang bisa ditemukan di internet.

Berikut ini contoh aplikasi FTP Client yang kerap diandalkan oleh banyak pengguna :

– FileZilla

Memiliki fitur yang lengkap, FileZilla adalah salah satu FTP Client yang sering dipakai dalam proses koneksi remote FTP. Aplikasi ini juga mendukung beberapa sistem operasi terkenal seperti Linux dan Windows. Kelebihan aplikasi ini adalah melakukan transisi simultan, ketika proses mengirim file tetapi koneksi terputus nantinya bisa diulang kembali.

WINSCP

Aplikasi FTP Client ini menjadi salah satu yang populer, terlebih bagi para pengguna Windows, beberapa yang masuk ditangani WinSCP diantaranya SFTP, SCP, FTP, dan WebDey. Keunggulan aplikasi ini adalah didukung dengan fitur SSH password, keyboard interaktif, public key hingga Otentikasi Kerberos.

Selain itu, aplikasi ini sudah terintegrasi dengan Pageant disertai dukungan penuh keontetikan kunci public dengan SSH, meski demikian tidak ada kelebihan tanpa kekurangan. Kekurangan yang dimiliki WINSCP, hanya dapat digunakan pada sistem operasi berbasis Windows.

Dhuo Creative menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?