Pengertian Teorema Norton

memiliki pengertian yang lebih mudah dipahami. Yaitu, teori atau bisa juga disebut alat untuk menganalisis penyederhanaan sebuah rangkaian atau sirkuit jenis linear yang tergolong rumit menjadi sederhana dan mudah digunakan.

Penggunaan teorema norton dalam kondisi nyata dilakukan dengan memanfaatkan sumber arus atau disebutĀ current sourceĀ bersifat ekivalen. Selain itu juga melibatkan resistor yang terhubung dengan sistem paralel, sehingga tidak ada yang berubah antara arus listrik dan tegangan. Ketika sirkuit atau rangkaian sudah disederhanakan, maka diberi nama baru dan tentunya dengan kemampuan yang lebih maksimal, yaitu rangkaian ekivalen Norton.

Penggunaan teorema Norton adalah, akan membantu fokus melakukan aktivitas pada bagian sebuah sirkuit listrik. Kemudian sisa sirkuit bisa diganti dengan rangkaian sederhana Norton dengan kondisi yang setara.

Bunyi Teorema Norton

Bunyi teorema yang ditemukan oleh Mayer dan Norton ini adalah:

Setiap jaringan listrik linear atau rangkaian rumit tertentu dapat digantikan oleh rangkaian sederhana yang hanya terdiri dari sebuah arus sumber dan sebuah resistor yang diparalelkan.

Cara Menguraikan Rangkaian Linier Dengan Perhitungan Teorema Norton

Saatnya untuk mulai pada pembahasan penguraian sebuah rangkaian linear menjadi lebih sederhana berbasis teorema ini yang sangat berbeda dengan teorema superposisi. Anda harus simak baik-baik, supaya bisa langsung mempraktekkannya.

  1. Kenali terlebih dahulu hubungan singkat pada resistor beban, caranya tentu dengan mengecek sirkuit atau rangkaian yang akan disederhanakan.
  2. Lakukan penghitungan arus yang ada pada rangkaian yang ingin disederhanakan. Arus tersebut biasanya disebut aur Norton dengan lambang (IN).
  3. Selanjutnya penguraian adalah dengan membuka arus dari sumber utama, kemudian melakukan hubung singkat pada tegangan sumber. Lanjutkan dengan melepaskan resistor beban.
  4. Anda bisa melakukan pengukuran resistansi dari rangkaian terbuka yang ada, hasilnya disebut sebagai Resistansi Norton (RN).
  5. Anda bisa memetakan kembali kondisi rangkaian, mulai dari menentukan nilai arus yang sudah terjadi melalui perhitungan (IN).
  6. Sambungkan arus sumber dan bagian resistansi secara paralel di rangkaian terbuka.
  7. Lanjutkan lagi dengan menghubungkan resistor beban yang sudah dilepas sebelumnya. Inilah rangkaian sederhana sebuah sirkuit yang sudah disesuaikan dengan teorema ini.

Dhuo Creative menyediakan kursus komputer dan menyediakan jasa programming, untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi https://dcsoftweb.com/

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?