banyak sekali penyebab yang membuat sebuah server down ataupun lelet atau bahkan terkadang eror.jadi,pada artikel kali ini kita akan membahas penyebab yang membuat sebuah server down.

1.Pemadaman listrik mendadak

Pemadaman listrik bisa menjadi salah satu alasan mengapa sering terjadinya server yang down,karena pemadaman listrik merupakan hal yang tidak terkontrol, Jika pemadaman listrik pastinya server tidak hidup. Walaupun kebanyakan data center selalu memiliki cadangan energi untuk data center, jika terdapat pemadaman listrik mendadak maka tidak bisa mempersiapkan energi cadangan tersebut.

2.Single Point of Failure

Single point of failure atau SPOF adalah sebuah titik kelemahan yang ada di sebuah sistem yang digunakan.  Jika terdapat titik kelemahan ini, maka akan mengalami failed, gagal, atau error dan akan menyebabkan seluruh sistem yang berada di websitemu berhenti berfungsi.

Untuk mengatasi masalah server down karena SPOF bisa dengan merancang desain perencanaan yang baik, Baik dari segi pemilihan hardware, software, dan sebagainya. 

3.Masalah pada DNS

Jika website anda tidak bisa diakses sedangkan website server dalam keadan normal, Bisa saja terdapat masalah pada DNS. Jika anda tahu DNS yang bermasalah akan menyebabkan antara server dan website tidak dapat terintegrasi sehingga tidak bisa diakses.

Makanya,disarankan untuk menge-cek terlebih dahulu DNS website. apakah sudah benar dan sesuai, Jika terdapat masalah segera perbaiki. Maka anda bisa menghubungi custome service untuk menanyakan dan meminta bantuan mengatasi masalah agar website tidak mengalami server down.

4.Serangan Hacker

Salahsatu penyebab terjadinya website down yaitu karena serangan hacker, Yang paling sering menyebabkan server down adalah serangan DDOS. DDOS adalah serangan yang dilakukan hacker untuk membanjiri trafik lalu lintas jaringan dengan tujuan menghabiskan resource server. 

Bukan hanya DDOS saja yang bisa menyebabkan down, Melainkan banyak sekali teknik yang digunakan para hacker untuk membuat data center mengalami masalah sehingga tidak berfungsi dengan semestinya.

Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan Cloudflare untuk menangkal serangan DDOS para hacker dan menggunakan web hosting yang memiliki keamanan tingggi.

Corporate hosting sendiri memiliki keamanan yang tinggi, Dengan menggunakan multiple security dan server dikelola oleh expert yang bersertifikat. Sehingga ketika ada issue akan segera dipecahkan masalahnya.

5.Trafik Membludak

Website mengalami down bisa saja karena trafik yang membludak dan resource server tidak mencukupi untuk melayani service client, Sehingga hosting lambat dan akhirnya down. Jika website kamu tiba-tiba down, Cek terlebih dahulu apakah penyebabnya trafik atau alasan lainnya. 

Jika benar karena kebanjiran trafik, Untuk cara mengatasinya yaitu dengan mengupgrade server hosting yang kamu pakai. Saat upgrade hosting, Perhatikan terlebih dahulu spesifikasinya untuk menentukan performan dari hosting yang anda gunakan nantinya.

6.Downnya Data Center

Data center akan terus bekerja dan berjalan, di dalam data center juga ada berbagai proses seperti backup data, sinkronisasi, hingga proses olah data yang lain. Terkadang hal tersebut menyebabkan data center mengalami sedikit masalah yang mengakibatkan server down.

Kebanyakan penyedia layanan hosting akan segera menanggulangi masalah tersebut dengan cepat, Mereka akan menyiapkan pencegahan jika hal tersebut terjadi.

Maka dari itu gunakan provider hosting terpercaya, Agar ketika ada masalah serupa bisa teratasi dengan baik tanpa harus menunggu waktu yang lama.

Berikut adalah daftar dari situs-situs yang dapat dikunjungi untuk mencek apabila sebuah situs lainnya maupun server sedang mengalami kegagalan sistem.Isitdownrightnow.com

1.Downforeveryoneorjustme.com

2.Isitdown.us

3.Down.com

4.Just-ping.com

5.Site24x7.com

Dhuocreative menyediakan jasa serta pembelajaran khusus untuk komputer.untuk info lebih lanjut kli disinii -> www.dcsoftweb.com

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?