adobe photoshop dan adobe ilustrator adalah software yang dirancang khusus untuk design.tetapi,adobe photoshop adalah software yang digunakan untuk mengedit gambar berbasis pixel.sedangkan adobe ilustrator digunakan untuk membuat gambar berbasis vector.

adobe ilustrator diciptakan 1987 dan sedangkan photoshop diciptakan pada tahun 1990.jadi,berarti adobe ilustrator lebih dahulu diciptakan dibanding adobe photoshop.

fungsi adobe ilustrator dan photoshop

selain karena adobe photoshop adalah software yang digunakan untuk mengedit gambar berbasis pixel.sedangkan adobe ilustrator digunakan untuk membuat gambar berbasis vector. adobe ilustrator digunakan untuk mendesain logo,menggambar ilustrasi manusia,membuat poster,brosur,banner,danlainnya.photoshop digunakan untuk mengedit foto,mempuat manipulasi foto,membuat digital imaging,serta membuat efek foto yang menarik.

pengguna adobe ilustrator dan adobe photoshop

adobe ilustrator biasanya lebih sering digunakan untuk para desain grafis,sedangkan photoshop digunakan oleh fotographer,artis,dan seniman digital.namun banyak juga para desainer yang menggunakan kedua software ini secara bergantian untuk menyelesaikan pekerjaan grafisnya.

seleksi adobe ilustrator dan adobe photoshop

adobe ilustrator lebih memfokuskan penyeleksian gambar secara keseluruhan.sedangkan photoshop lebih memfokuskan penyeleksian gambar berdasarkan area yang dipilih saja.

penggunaan cliping mask pada adobe ilustrator dan adobe photoshop

Jika Anda menggunakan Adobe Illustrator, maka topeng harus diletakkan di atas objek, sedangkan jika Anda menggunakan Adobe Illustrator, maka topeng harus diletakkan di bawah objek. Jika Anda masih bingung, silahkan mencobanya di laptop Anda.

layer adobe ilustrator dan adobe photoshop

Adobe Illustrator bisa membuat banyak object dalam satu layer, sedangkan untuk Adobe photoshop hanya bisa digunakan satu layer untuk satu object.

undo adobe ilustrator dan adobe photoshop

Selama proses pembuatan gambar atau grafis, pasti Anda sering menggunakan perintah undo (ctrl+z) untuk membatalkan perintah yang telah Anda jalankan. Dalam hal ini, Adobe Illustrator bisa membatalkan perintah lebih dari satu kali, dan bisa kembali ke beberapa langkah sebelumnya, sedangkan Adobe Photoshop hanya bisa digunakan untuk membatalkan perintah satu kali saja dan bersifat bolak-balik.

proses penyimpanan adobe ilustrator dan adobe photoshop

Dalam hal penyimpanan dokumen ini, Adobe Illustrator memiliki kecepatan yang bagus dalam menyimpan file dengan waktu yang singkat. Sedangkan Adobe Photoshop memiliki proses penyimpanan yang lebih lambat dan menghabiskan waktu yang cukup lama. Apalagi jika dokumen gambar Anda memiliki ukuran yang besar, pasti membutuhkan proses dan waktu yang lama pula.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?