Kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat kehidupan manusia hampir tak pernah bisa dipisahkan dari laptop atau notebook. Kedua item canggih itu kerap digunakan untuk mempermudah kegiatan bekerja hingga sekolah.

Tetapi belum banyak yang tau bahwa laptop dan notebook memiliki perbedaan mendasar. Tak heran bila kemudian masih banyak orang yang menyamakan keduanya.

Perbedaan mendasar laptop dan notebook sendiri sebenarnya sudah bisa dilihat dari tampilannya. Selain itu, ada pula perbedaan pada spesifikasi dan berat yang dimiliki, sehingga kamu harus dengan cermat membedakannya,mari kita simak perbedaan berikut ini.

Perbedaan perbedaan notebook dengan laptop

1. Perbedaan ukuran layar

 Biasanya laptop memiliki ukuran layar sebesar lebih dari 17 inci. Sedangkan notebook biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding laptop yaitu 6-13 inci

2. Berat

Notebook biasanya memiliki berat sekitar 1,5 kg sedangkan laptop tentunya memiliki berat melebihi notebook sekitar 2 kg atau lebih

3. Perbedaan ukuran RAM

laptop umumnya memiliki kapasitas RAM yang lebih besar jika dibandingkan dengan notebook. Namun, seiring berkembangnya zaman dan teknologi notebook keluaran sekarang pun juga banyak yang memilki kapasitas RAM yang besar.

4. Daya tahan baterai

Pada laptop, daya tahan baterai cenderung tidak bertahan lama, karena penggunaan aktivitasnya yang membutuhkan banyak daya. Sementara pada notebook, penggunaan baterai memiliki durasi waktu yang relatif lebih lama.

5. Keberadaan DVD ROM

laptop dibekali dengan DVD ROM, sementara notebook butuh DVD ROM eksternal untuk pembacaan kaset.

6. Spesifikasi grafis

umumnya laptop memiliki VGA dengan kapasitas yang lebih mumpuni untuk mendukung performa tampilannya, sedangkan notebook umumnya memiliki kapasitas VGA yang lebih kecil. Namun seiring berjalannya waktu, notebook untuk keluaran sekarang juga banyak yang memiliki dukungan VGA dengan kapasitas yang cukup besar dan mumpuni.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?