seringkali dianggap sama,padahal web designer dan web developer memiliki perbedaan yang jarang diketahui orang orang.  web developer adalah profesi yang bertanggung jawab untuk membuat sebuah website agar berfungsi dengan baik.Secara tidak langsung, web developer bertanggung jawab untuk membangun website dari nol hingga berhasil digunakan oleh pengguna.

web developer lebih berfokus pada pembangunan website, justru web designer cenderung mengarah untuk mempercantik website. Dilansir dari Techno Jobs, web designer bertanggung jawab untuk merancang tata letak, tampilan visual, serta fitur-fitur dari sebuah situs. Berbeda dengan web developer yang harus memahami bahasa pemrograman, web designer justru tidak harus memahami bahasa-bahasa pemrograman. 

1. Tugas dan tanggung jawab

Meskipun sama-sama bergerak untuk membuat websiteweb developer dan web designer memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda.

Jika website diibaratkan sebuah mobil, web developer bertugas untuk mengoptimasi mesin di dalamnya supaya dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu, web designer bertugas untuk mempercantik mobil, mulai dari warna, desain mobil, dan lain-lain.

2. Skill

Perbedaan dari tugas dan tanggung jawab tentu berpengaruh dengan skill yang harus dimiliki.

Sebagai pengembang website, web developer tentu harus memiliki skill bahasa pemrograman, seperti HTML, JavaScript, PHP, dan lain-lain.

Hal itu berbeda dengan web designer. Profesi ini justru harus menguasai skill design dan UI/UX.

Akan tetapi, web designer idealnya juga harus memahami dasar dari HTML agar mengerti cara mendesain website dengan baik.

3. Tools yang digunakan

Web developer cenderung menggunakan tools seperti jQuery, Sublime Text, dan lain-lain untuk memahami bahasa pemrograman.

Sementara itu, web designer menggunakan tools seperti Adobe Photoshop, Sketch, UXPin, dan lain-lain untuk mempercantik website.

Dhuocreative menyediakan jasa serta pembelajaran khusus untuk programming.untuk info lebih lanjut kli disinii -> www.dcsoftweb.com.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?