Program merupakan suatu urutan logika dengan input dan output tertentu. Program juga dapat berupa kumpulan perintah agar komputer dapat berfungsi secara optimal sesuai dengan kemauan. Program yang disatukan dengan sistem disebut aplikasi, seperti aplikasi web, maupun android. programming adalah suatu proses atau kegiatan menulis dan menguji (pemrograman) agar program dapat dibuat, dan hasilnya sesuai apa yang diinginkan.

pada artikel kali ini,kita akan membahas programming data types atau tipe data dalam programming.adapun beberapa tipe data nya adalah sebagai berikut:

1.integer

tipe data integer adalah tipe data yang terdiri dari angka bulat (tidak mengandung nilai pecahan atau nilai desimal). Nilai ini bisa berbentuk angka positif maupun negatif, contohnya 1, 2, 6. Setiap bilangan bulat dapat dikirim sebelumnya dengan bilangan bulat, disimpan satu bit.

2.real

tipe data real digunakan untuk angka desimal (pecahan), seperti 0.11, 3.14, atau 999.99. Tipe data ini dikenal juga dengan tipe data float atau floating point. Angka apa pun dengan titik desimal biasanya memiliki panjang 2 atau 4 byte karena mereka perlu menyimpan nilai untuk taruhan komposisi bilangan bulat dan komponen desimal.

3.character

tipe data karakter tunggal yang biasa didefinisikan dengan tanda petik (‘) di awal dan di akhir karakternya. Tipe ini mengikuti aturan “unicode” sehingga bilangan harus diawali kode “/u”. Tetapi juga biasa menggunakan bilangan heksadesimal dari 0000 sampai FFFF.

4.string

String dalam pemrograman komputer adalah sebuah deret simbol. Tipe data string adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan barisan karakter.

Ada tiga macam tipe string yang bisa kita temukan dalam beberapa bahasa pemrograman, yaitu:

  1. String yang disimpan sebagai objek.
  2. Null terminated string
  3. Zero length string

5.boolean

tipe data boolean merupakan tipe yang memiliki dua nilai yaitu benar (true) atau salah (false). Nilai yang digunakan pada tipe ini sangat penting dalam mengambil keputusan suatu kejadian tertentu.

Berikut adalah aturan tipe data boolean jika dikonversi dari tipe data lainnya:

  • Integer 0, dianggap sebagai false.
  • Float 0.0, dianggap sebagai false.
  • String kosong (“”) dan string “0” dianggap sebagai false.
  • Array tanpa elemen, dianggap sebagai false.
  • Objek dengan tanpa nilai dan fungsi, dianggap sebagai false.
  • Nilai null, dianggap sebagai false.

6.date/time

Tipe Data Date Time dalam MySQL atau tipe data tanggal digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi data yang berkaitan dengan operasi tanggal dan waktu.

7.arrays

Array merupakan sekumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama dan mampu menyimpan beberapa nilai dalam satu variabel. Array merupakan tipe data terstruktur dalam pemrograman, array memungkinkan untuk menyimpan data maupun referensi objek dalam jumlah banyak dan terindeks.

8.2darrays

Array 2 dimensi adalah array yang memiliki lebih 2 bentuk index array. Jika pada array 1 dimensi hanya memiliki satu bentuk index, di array 2 dimensi atau bisa kita sebut array multidimensi memiliki lebih dari satu bentuk index array.

9.records

Tipe data record adalah tipe data khusus yang komponennya terdiri dari berbagai jenis tipe data lain. Sebuah record berisi beberapa variabel lain yang ‘dipaketkan’.

Dhuocreative menyediakan jasa serta pembelajaran khusus untuk programming.untuk info lebih lanjut kli disinii -> www.dcsoftweb.com.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?