Program merupakan suatu urutan logika dengan input dan output tertentu. Program juga dapat berupa kumpulan perintah agar komputer dapat berfungsi secara optimal sesuai dengan kemauan. Program yang disatukan dengan sistem disebut aplikasi, seperti aplikasi web, maupun android. programming adalah suatu proses atau kegiatan menulis dan menguji (pemrograman) agar program dapat dibuat, dan hasilnya sesuai apa yang diinginkan. 

pada artikel kali ini,kita akan membahas secara singkat dan jelas beberapa simbol pada programming beserta kegunaannya.adapun beberapa simbol tersebut adalah sebagai berikut:

1.semicolon/titik koma ;

simbol ing digunakan untuk memberitahu kompiler anda anda telah mencapai akhir dari sebuah pernyataan,ini sedikit seperti titik penuh dalam bahasa inggris.simbol ini menjadi akhir dari suatu baris kode.

Pada python, titik koma berfungsi sebagai separator atau pemisah, bukan untuk mengakhiri sebuah perintah.Misalkan kita ingin membuat dua perintah dalam satu baris, maka di sinilah kita membutuhkan titik koma.Titik koma tidak memiliki peran yang begitu besar dalam Python. Dia cuma digunakan sebagai pemisah saja.

2.curly braces/kurung kurawal {}

Kurung kurawal dinamakan block statement yang gunanya untuk mengurung beberapa statement menjadi 1 statement.

kurung kurawal membantu supaya pengelompokkan bersama bagian kode untuk digunakan dalam konstruksi yang berbeda.saat membuka kurung kurawal,anda selalu membutuhkan kurung kurawal setelah grup kode.

3.brackets/tanda kurung ( )

brackets/tanda kurung biasanya digunakan untuk menyimpan parameter atau argumen untuk subrutin,tanda kurung juga dapat digunakan untuk perbandingan sebagai bagian dari konstruksi pemilihan.demikian pula dalam matematika.

4.equals/setara =

equals digunakan sebagai menetapkan nilai variabel ke sesuatu yang lain. Ini berbeda dengan simbol karena simbol sama dengan tunggal mengubah nilai sesuatu.

5.is equal to/adalah sama dengan ==

sequal to digunakan untuk membandingkan dua nilai dan mengembalikan Benar jika mereka sama. Anda bisa juga menggunakan perbandingan yang berbeda.

6.is not equal to/tidak sama dengan !=

is not equal to digunakan untuk Membandingkan dua nilai dan mengembalikan True hanya jika keduanya tidak sama Simbol I dapat digunakan sebagai konsep logika NOT di sebagian besar bahasa pemrograman.

7.double quotes/kutipan ganda ” “

double quotes/kutipan ganda digunakan untuk menunjukkan bahwa Anda menulis sebuah String langsung ke dalam kode. Penggunaan tanda kutip ganda memungkinkan Anda untuk menyimpan kombinasi huruf, angka, dan simbol apa pun, tetapi mengubah jenis perbandingan yang dapat Anda lakukan pada data.

8.single quotes/kutipan tunggal ‘ ‘

single quotes/kutipan tunggal Digunakan untuk menunjukkan bahwa Anda menulis karakter langsung ke dalam kode. Penggunaan tanda kutip tunggal memungkinkan Anda untuk menyimpan hanya satu huruf, angka atau simbol.

9.square brackets / kurung persegi []

Digunakan untuk mendefinisikan penggunaan array, mengingat indeks array dimulai dari 0 sehingga elemen 1 dari array adalah array[0] dan elemen 10 adalah array[9].

10.mathematical symbols/simbol matematika +-/*

Simbol-simbol matematika ini digunakan bersama dengan variabel, konstanta, dan data mentah untuk melakukan matematika sederhana di atasnya. Plus, Minus, Divide dan Multiply ditampilkan di sini. Urutan operasinya sama dengan matematika.

Dhuocreative menyediakan jasa serta pembelajaran khusus untuk programming.untuk info lebih lanjut kli disinii -> www.dcsoftweb.com.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?