Pengertian router

Router merupakan perangkat keras pada jaringan komputer yang dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan sama atau berbeda. Tak hanya itu, router juga bisa disebut sebagai perangkat keras jaringan komputer yang berfungsi untuk mengirim paket data melewati internet dan jaringan dari suatu perangkat komputer pada perangkat yang lainnya, di mana prosesnya disebut routing.

Fungsi Router

 fungsi utama setiap router adalah untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih untuk mendistribusikan paket data dari satu jaringan ke yang lain.

Router juga memiliki fungsi lain, yaitu:

  • untuk menghubungkan beberapa jaringan sehingga pengguna dapat mengirim paket data dari satu jaringan ke yang lain.
  • untuk mengirimkan informasi atau data dari satu jaringan ke jaringan lain di mana sistem bekerja seperti jembatan.
  • untuk menghubungkan jaringan lokal dengan koneksi DSL (Digital Subscriber Line) atau lebih dikenal sebagai router DSL.

Cara Kerja Router

Router dapat bekerja dengan merutekan paket atau informasi data. Dengan cara ini router dapat mengetahui arah rute yang akan dilalui tujuan, apakah itu di jaringan yang sama atau berbeda. Jika informasi tujuan menunjuk ke jaringan yang berbeda, maka router akan secara otomatis meneruskan ke jaringan. Sebaliknya jika paketnya adalah tujuannya adalah jaringan yang sama, router akan memblokir paket keluar dan meneruskan paket dengan routing pada jaringan yang sama sampai dikirim ke tujuannya.

X
× Ada Yang Bisa Kami Bantu?